Kastil Arundel di Skotlandia Dibobol Maling, Rosario dan Benda Langka Senilai Rp20,24 Miliar Ikut Raib

| 26 May 2021 12:16
Kastil Arundel di Skotlandia Dibobol Maling, Rosario dan Benda Langka Senilai Rp20,24 Miliar Ikut Raib
Dokumen: Suasana Kastil Arundel di West Sussex, Skotlandia, (21/9/2012). (Foto: Karen Roe/Flickr)

ERA.id - Satu set rosario berbahan emas yang dibawa Ratu Mary asal Skotlandia menuju momen eksekusi matinya di tahun 1587 adalah satu dari sekian barang bersejarah senilai Rp20,24 miliar yang dicuri dari Kastil Arundel, Skotlandia.

Berdasarkan laporan The Guardian, (24/5/2021), barang-barang lain yang dicuri dari kastil di West Sussex itu mencakup cangkir pentahtaan yang diberikan Ratu Mary kepada Earl Marshal, serta sejumlah benda berbahan emas dan perak.

Artefak tersebut diambil dari rak pameran yang diletakkan di satu bagian kastil yang bisa diakses publik.

Arundel Castle
Koleksi barang bersejarah di Arundel Castle. (Foto: Arundel Castle)

Staf menerima kabar terjadinya pencurian pada Jumat lalu, pukul 22.30 malam waktu setempat. Kala itu alarm pencurian berbunyi, dan polisi langsung menyisir area di sekitar kastil.

Kastil Arundel adalah tempat tinggal Dukes of Norfolk dan para kerabatnya selama 850 tahun terakhir.

Juru bicara kepolisian Sussex menemukan sebuah mobil yang ditinggalkan dalam kondisi terbakar, yang diduga dimiliki komplotan pencuri.

"Polisi sedang mencari pencuri yang masuk ke Kastil Arundel dan mencuri benda-benda emas dan perak senilai 1 juta pound," sebut juru bicara polisi.

Rosario yang turut dicuri mungkin bernilai tak seberapa bila diukur dari bahan besi mulianya, sebut sang polisi, namun benda itu bersifat 'tak tergantikan' terkait sejarah bangsa Skotlandia.

Juru bicara Arundel Castle Trustee mengatakan, dikutip The Guardian, "Barang yang dicuri memiliki nilai transaksi yang besar, namun, sebagai artefak unik dari koleksi Duke of Norfolk, benda tersebut punya nilai sangat besar dalam hal sejarahnya."

Rekomendasi