Masker Bekas di Dasar Bauan, Memburuknya Polusi Laut Saat Pandemi Covid-19

| 08 Jun 2021 10:44
Masker Bekas di Dasar Bauan, Memburuknya Polusi Laut Saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi: masker yang digantung di tepi pantai. (Foto: Lalith Malhaar/Unsplash)

ERA.id - Pandemi Covid-19 tak hanya jadi momok kehidupan di laut, tapi juga menimbulkan dampak yang memperparah polusi laut di Bauan, lokasi menyelam yang populer di Provinsi Batangas, Filipina.

Dilansir dari ANTARA, (8/6/2021), para pengunjung dan penduduk lokal telah melaporkan meningkatnya jumlah masker dan face shield bekas yang dikumpulkan dari dasar laut.

"Mungkin karena beberapa orang yang naik perahu hanya melingkarkan masker mereka di salah satu ujungnya dan terlepas, atau yang lain tidak membuangnya dengan benar," kata Arnel Vergara, seorang penyelam profesional Filipina yang telah menyelam di daerah tersebut selama satu dekade terakhir.

Carmela Sevilla, seorang pemilik resor dan instruktur selam, mengatakan bahwa sampah masker itu menjadi tambahan di atas kantong plastik, kemasan sekali pakai, popok, dan bahan kemasan yang mengganggu perairan setempat selama musim hujan.

“Saya pikir kita akan melihat lebih banyak masker,” kata Sevilla. "Saya rasa kita akan memakai masker wajah untuk sementara waktu," katanya lagi.

Girro Maranan, seorang pejabat di Kantor Pariwisata Batangas mengatakan para pejabat mengetahui masalah ini dan tengah memelopori upaya pembersihan.

"Keanekaragaman laut kita yang paling terpengaruh," kata Maranan.

Marian Ledesma, juru kampanye Greenpeace di Filipina mengatakan manajemen strategi pembuangan limbah negara yang buruk telah menyebabkan sampah menumpuk di anak-anak sungainya.

Rekomendasi