Cara Angkatan Laut AS Uji Kapal Perang Baru: Berlayar di Dekat Ledakan 20 Ton Bom

| 21 Jun 2021 15:05
Cara Angkatan Laut AS Uji Kapal Perang Baru: Berlayar di Dekat Ledakan 20 Ton Bom
Kapal induk Angkatan Laut AS, USS Gerald G Ford, saat menjalani uji kejut pada Jumat, (18/6/2021). (Foto: US Navy)

ERA.id - Angkatan Laut Amerika Serikat merilis video "uji kejut" kapal USS Gerald R Ford, yaitu salah satu kapal induk terbesar dan terbaru di dunia.

Dilansir dari ABC, (21/6/2021), uji kejut tersebut dilakukan dengan meledakkan hampir 20 ton bom dalam jarak beberapa meter dari kapal tersebut. ABC menyebut lokasi pengujian ada di lepas pantai timur AS.

Kapal USS Gerald R Ford sendiri memiliki panjang 333 meter, tinggi 7 meter, dan memiliki berat bersih 100 ribu ton.

Badan Survei Geologi AS mencatat uji ledakan menghasilkan guncangan gempa berkekuatan 3,9 magnitudo di 161 kilometer lepas pantai Florida, pada Jumat lalu.

Angkatan Laut AS telah menyatakan bahwa pengujian telah memperhatikan syarat mitigasi lingkungan serta kehidupan migrasi hewan laut di sekitar lokasi pengujian."

"Angkatan Laut AS melakukan uji kejut terhadap desain kapal terbaru menggunakan ledakan bom untuk memastikan bahwa kapal perang kami masih bisa menyesuaikan kebutuhan kondisi yang berat, yang mungkin mereka alami di tengah peperangan," sebut Angkatan Laut AS dalam pernyataannya, dikutip dari ABC.

Angkatan Laut menyebut bahwa kapal-kapal perang terbaru mereka diciptakan menggunakan metode dan analisa modeling komputer. Hasil data dari uji kejut akan dipakai untuk memvalidasi seberapa kokoh desain pesawat tersebut, sebut pernyataan yang sama.

Setelah uji kejut, kapal akan memasuki masa 'modernisasi, perawatan, dan pembenahan' selama enam bulan sebelum akhirnya dikirim ke operasi militer negara tersebut.

Rekomendasi