Drone Bermuatan Bahan Peledak Hantam Bandara Erbil di Irak

| 07 Jul 2021 11:44
Drone Bermuatan Bahan Peledak Hantam Bandara Erbil di Irak
Seorang tentara Amerika Serikat terlihat dalam upacara serah terima pangkalan militer Taji dari pasukan koalisi pimpinan AS kepada pasukan keamanan Irak, di pangkalan utara Baghdad, Irak, Minggu (23/8/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Thaier Al-Sudani/aww/cfo)

ERA.id - Sebuah pesawat nirawak yang bermuatan bahan peledak menyerang bandara Erbil di Irak utara pada Selasa (6/7/2021), mengincar pangkalan Amerika Serikat di lapangan bandara, kata sumber keamanan Kurdi.

Dilansir dari ANTARA, sirene meraung-raung dari konsulat AS di kota itu, yang merupakan ibu kota Kurdistan Irak, kata sumber tersebut.

Penerbangan ditangguhkan setelah serangan itu, kata mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Pentagon mengatakan pihaknya mengetahui laporan tentang serangan pesawat tak berawak, tetapi informasi awal tidak menunjukkan ada kerusakan struktural maupun korban.

Juru bicara militer AS lainnya, yang mengutip informasi awal, mengatakan satu pesawat tak berawak "menghantam" di dekat Erbil, tetapi tidak ada laporan soal orang cedera atau kerusakan apa pun.

Serangan itu terjadi sehari setelah roket dan pesawat tak berawak menargetkan pangkalan udara Ain al-Asad, yang menampung pasukan AS, dan Kedutaan Besar AS di Baghdad.

Pada April, sebuah pesawat tak berawak menjatuhkan bahan peledak di dekat pasukan AS yang ditempatkan di bandara Erbil.

Serangan itu merupakan yang pertama diketahui dilakukan oleh pesawat tak berawak terhadap pasukan AS di Erbil, di tengah gelombang serangan roket ke pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS dan kedutaan di Baghdad. Washington menuding milisi dukungan Iran sebagai pihak yang melakukan serangan-serangan itu.

Rekomendasi