Lelang Mahakarya Picasso Senilai Rp1,44 T Bakal Jadi yang Terakbar di Las Vegas

| 12 Aug 2021 12:38
Lelang Mahakarya Picasso Senilai Rp1,44 T Bakal Jadi yang Terakbar di Las Vegas
Lukisan Homme et Enfant di Restoran Picasso yang dikelola Bellagio. (Foto: Sotheby's dan MGM Resorts).

ERA.id - Sebelas mahakarya pelukis Pablo Picasso yang dimiliki oleh MGM Resorts bakal dilelang akhir tahun ini di kota kasino Amerika Serikat, Las Vegas, demikian diumumkan rumah lelang Sotheby's, (11/8/2021).

Digadang-gadang jadi sesi lelang paling bergengsi di Las Vegas, total nilai lukisan Picasso di pelelangan tersebut ditaksi bakal mencapai sekitar 100 juta dolar AS atau setara Rp1,44 triliun.

Melansir The Guardian, Chief Hospitality officer dari MGM Resorts, Ari Kastrati, menyatakan bahwa lelang karya-karya Picasso diyakini bakal jadi lelang bersejarah. Perusahaan perhotelan dan hiburan itu menjual portofolio karya lukisan demi menambah variasi lukisan mereka, tambahnya.

"Kami berkomitmen menciptakan koleksi yang lebih inklusif, yang mempertahankan luasnya portofolio lukisan sembari memberi ruang untuk para seniman dari komunitas yang kurang terwakilkan," ungkap Ari.

Lukisan yang bakal dilelang termasuk Femme au Béret Rouge-Orange, yang dilukis tahun 1938 dan merupakan salah satu karya terakhir yang menggambarkan sosok pujaan hatinya, Marie-Thérèse Walter.

Lukisan Picasso
Karya Femme au berret rouge-orange (1938) milik Picasso ditampilkan di Restoran Picasso, yang dikelola oleh Bellagio. (Foto: Sotheby's dan MGM Resorts)

Karya bertema wajah Walter merupakan bagian penting dari gerakan retrospektif Paris tahun 1932, seperti disampaikan cucu sang maestro Olivier Widmaier Picasso. Seri lukisan dan gerakan seni itu turut memperkenalkan Picasso sebagai seniman paling terkenal dan kontroversial di seluruh dunia.

Karya Femme au Béret Rouge-Orange bakal ditawarkan dengan rentang harga 20 juta - 30 juta dolar AS atau setara Rp287 miliar hingga Rp431 miliar.

Dalam sesi lelang nantinya juga ada lukisan Picasso yang berukuran besar dari era 1969 hingga 1970, yaitu Homme et Enfant dan Buste d'Homme. Keduanya pernah dipamerkan pada 1970 di Palais des Papes di Avignon, Prancis, yang merupakan pameran paling penting dalam sejarah hidup sang pelukis.

Lukisan Nature Morte au Panier de Fruits et aux Fleurs juga ikut dilelang nantinya. Lukisan ini dibuat tahun 1942 ketika Paris berada dalam pendudukan Nazi dan Picasso dilarang menggelar pameran seni.

Melansir The Guardian, pameran yang bakal digelar pada 23 Oktober ini nantinya bakal menjadi yang terbesar yang pernah terjadi di Las Vegas. Pameran ini juga akan didampingi dengan pameran "barang-barang mewah terbaik di dunia" selama empat hari.

Rekomendasi