Afghanistan Dikuasai Taliban, Pemerintah RI Kirim Pesawat TNI AU Evakuasi Belasan WNI di Kabul

| 20 Aug 2021 12:36
Afghanistan Dikuasai Taliban, Pemerintah RI Kirim Pesawat TNI AU Evakuasi Belasan WNI di Kabul
Menlu Retno Marsudi (Dok. Kemlu)

ERA.id - Pemerintah akhirnya mengevakuasi WNI dari Afghanistan setelah kelompok Taliban kembali menguasai negara tersebut.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengirim satu pesawat Boeing milik TNI AU menuju Kabul dan diperkirakan akan tiba di Jakarta dalam waktu dekat.

Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jumat (20/8/2021).

Menurut Retno, Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staf KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan yakni suami dari WNI dan staf lokal KBRI.

Sebelumnya, alam sebuah akun Twitter bernama @indoflyer, diinformasikan bahwa sebuah pesawat dari maskapai penerbangan Indonesia akan melakukan penjemputan WNI ke Afghanistan pada 19 Agustus 2021.

Dalam unggahannya, akun itu juga menyertakan grafis dari situs flightradar24 yang menunjukkan pesawat akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 1.40 dini hari menuju ke Kabul, Afghanistan

Kemlu sebelumnya juga sempat membantah akan mengevakuasi WNI dari wilayah yang kini dikuasai Taliban itu.

Rekomendasi