Mobil Bertenaga Bensin Dilarang Dijual di New York Mulai 2035

| 09 Sep 2021 10:49
Mobil Bertenaga Bensin Dilarang Dijual di New York  Mulai 2035
Ilustrasi mobil bertenaga listrik yang sedang diisi daya. (Foto: Chattersnap/Unsplash)

ERA.id - Undang-undang yang menyebut seluruh mobil penumpang dan truk ringan baru harus nol emisi pada 2035 telah ditandatangani oleh Gubernur New York Kathy Hochul, Rabu, (8/9/2021). Dengan begitu, negara bagian di Amerika Serikat itu bergabung dengan negara bagian California dalam upaya 'mengenyahkan' kendaraan berbahan bakar fosil.

Melansir ANTARA, undang-undang itu merancang aturan agar 100% kendaraan berpenumpang yang dijual di New York pada 2035 harus bersifat nol emisi - atau berbahan bakar energi terbarukan. Target serupa diterapkan untuk kendaraan kategori menengah dan berat pada 2045, bila memungkinkan.

Pemerintah AS berusaha untuk mempromosikan penjualan kendaraan listrik untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil dan membantu memenuhi tujuan global untuk memperlambat perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Pada Agustus, Presiden Joe Biden membuat sebuah perintah presiden agar setengah dari semua kendaraan baru yang dijual pada 2030 berenergi listrik. Tujuan ini dibuat dengan dukungan dari produsen mobil terbesar AS, melansir ANTARA.

Meski begitu, Biden berulang kali menolak mendukung proposal untuk menghentikan penjualan semua kendaraan bertenaga bensin pada 2035 secara menyeluruh, meskipun ada teknanadari beberapa politisi Demokrat di Kongres.

Tahun lalu, Gubernur California Gavin Newsom menandatangani perintah eksekutif yang menetapkan tujuan melarang penjualan kendaraan penumpang bertenaga bensin baru mulai 2035.

Pada April, New York, California dan 10 negara bagian lainnya meminta Biden untuk menetapkan standar untuk memastikan bahwa semua mobil penumpang baru dan truk ringan bebas emisi pada 2035.

Kota New York mengatakan pada Rabu bahwa untuk memenuhi tujuan iklimnya, diperlukan 400.000 dari 2 juta pemilik kendaraan kota itu untuk beralih ke mobil listrik pada 2030. Kota ini berjanji untuk memasang jaringan 10.000 titik pengisian di tepi jalan pada 2030.

Negara bagian New York mengatakan sedang mengusulkan peraturan yang mengharuskan persentase yang meningkat dari semua truk menengah dan besar baru yang dijual di New York menjadi nol emisi dimulai dengan model 2025.

Undang-undang yang ditandatangani pada Rabu juga berusaha untuk mewajibkan semua kendaraan di luar jalan raya (off-road) menjadi model nol emisi pada 2035.

Rekomendasi