China Dilanda Krisis, Teriak Minta Bantuan ke Indonesia

| 01 Oct 2021 13:20
China Dilanda Krisis, Teriak Minta Bantuan ke Indonesia
China (CNA)

ERA.id - China kini sedang dilanda krisis energi. Pemerintah China diminta mengimpor lebih banyak batu bara dari Rusia, Indonesia dan Mongolia untuk mengatasi kekurangan pasokan yang sekarang melumpuhkan sebagian besar industri.

Gubernur provinsi timur laut Jilin, salah satu daerah yang paling parah terkena dampaknya, Han Jun mengatakan perlu disiapkan kerja sama dengan negara lain untuk menjamin pasokan batu bara. Dia mengatakan provinsi itu juga akan mengirimkan tim khusus untuk mengamankan kontrak pasokan di wilayah tetangga Mongolia.

"Beberapa saluran perlu disiapkan untuk menjamin pasokan batu bara, dan China harus mendapatkan lebih banyak dari Rusia, Mongolia, dan Indonesia," kata Han Jun, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (1/10/2021).   

Selain impor dari negara-negara penghasil batu bara, Han Jun juga ingin pemerintah meningkatkan stok bahan bakar tersebut, seperti meningkatkan produksi batu bara domestik serta meningkatkan impor.   

Krisis batu bara yang melanda China, khususnya Provinsi Jilin membuat listrik padam, pabrik-pabrik tutup, dan pasokan air mulai tersendat. Akhirnya pemerintah Tiongkok dihadapkan dengan protes dari warga setempat.   

Kurangnya pasokan listrik juga membuat lampu lalu lintas, lift perumahan, dan jaringan ponsel mati hingga memicu penutupan pabrik. Selain itu, kekurangan listrik juga mengganggu pasokan air kapan saja. Bahkan, beberapa toko di sana dioperasikan dengan cahaya lilin dan mal tutup lebih awal.   

Rekomendasi