Dubes: Turis Polandia Tak Sabar Ingin ke Bali

| 12 Oct 2021 20:08
Dubes: Turis Polandia Tak Sabar Ingin ke Bali
Dubes Polandia (Dok. Antara)

ERA.id - Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska mengatakan wisatawan Polandia sangat menantikan pembukaan pariwisata Bali.

"Bali sangat terkenal di Polandia. Setiap hari kami mendapat pertanyaan dari warga Polandia kapan Bali akan dibuka untuk wisatawan mancanegara khususnya turis Polandia," kata Stoczynska, Selasa (12/10/2021).

Ia mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara tujuan bagi wisatawan Polandia sejak beroperasinya penerbangan langsung (direct flight) dari Denpasar ke Warsawa pada 2018.

Namun, pandemi COVID-19 menghentikan sementara penerbangan langsung itu.

"Sebelum pandemi COVID-19 kami memiliki penerbangan langsung antara Warsawa dengan Denpasar. Adanya penerbangan langsung tersebut meningkatkan jumlah wisatawan Polandia setiap tahunnya. Semakin banyak wisatawan dari Polandia yang ingin mengunjungi Bali sebenarnya," kata Stoczynska, seperti dikutip dari Antara.

Ia memahami bahwa ada daftar negara-negara yang dipertimbangkan untuk masuk ke Bali dan Polandia tidak termasuk dalam daftar tersebut.

"Kami belum ada dalam daftar itu hingga saat ini. Kami berharap pariwisata Bali dapat dibuka sesegera mungkin untuk turis Polandia," kata dia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan bahwa Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan telah memberikan arahan terkait negara yang dipertimbangkan masuk ke dalam seleksi akhir untuk diizinkan ke Bali, yaitu China, Korea Selatan, Jepang, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Selandia Baru.

"Kami menyampaikan beberapa usulan negara-negara lain yang juga bisa disasar," ujar Menparekraf.

Sandiaga juga memperkuat persiapan rencana pembukaan Bandara I Gusti Ngurai Rai, Bali, untuk menyambut wisatawan mancanegara pada Kamis mendatang (14/10) dalam tahap uji coba.

Sejumlah persiapan itu di antaranya adalah peningkatan keterampilan dan vaksinasi bagi pelaku pariwisata.

Rekomendasi