Krisis Keuangan, Warga Afghanistan Sampai Jual Anak Seharga Rp7 Juta

| 27 Oct 2021 14:00
Krisis Keuangan, Warga Afghanistan Sampai Jual Anak Seharga Rp7 Juta
Warga Afghanistan jual anak (Dok: BBC)

ERA.id - Warga di Afghanistan tega menjual bayinya dengan harga 500 dolar atau sekitar Rp7 juta. Penjualan bayi tersebut terpaksa dilakukan demi mengatasi kelaparan akibat krisis keuangan.

Menurut laporan BBC, keluarga Afghanistan yang kelaparan menjual anak-anak mereka dalam upaya putus asa untuk mendapatkan uang setelah pengambilalihan Taliban. Sejak kekuasaan kembali di ambil alih, penopang ekonomi dari dana asing lumpuh dan menyisakan kehancuran bagi banyak keluarga. 

Sebuah keluarga di luar Herat misalnya, menjual bayi perempuannya seharga 500 dolar atau Rp7 juta untuk biaya makan anak-anaknya yang lain. Pembelinya tercatat sebagai seorang pria yang mengaku ingin membesarkan gadis itu untuk menikahi putranya, tetapi tidak ada jaminan niatnya.

Sebagai tanda jadi, pria yang tidak disebutkan namanya memberikan 250 dolar atau sekitar Rp3,5 juta, yang dinilai cukup untuk memberi makan keluarga selama beberapa bulan. 

Pria itu berjanji akan membayar sisanya ketika dia kembali untuk mengambil bayi 'begitu dia bisa berjalan'.

“Anak-anak saya yang lain sekarat karena lebih besar sehingga kami harus menjual putri saya," kata ibu dari anak itu kepada BBC, Selasa (26/10/2021). “Bagaimana aku tidak sedih? Dia adalah anak saya. Saya berharap saya tidak harus menjual putri saya."

Ayah dari bayi itu yang semula bekerja dan menghasilkan uang dengan cara mengumpulkan sampah menjelaskan bahwa mereka tidak punya pilihan lain. Dia terpaksa menjual putri tercintanya lantaran seluruh anggota keluarganya kelaparan. 

Dia juga turut memikirkan masa depan putrinya bila terus bertahan dengan keluarga yang kekurangan. 

“Kami kelaparan. Saat ini kami tidak memiliki tepung, tidak ada minyak di rumah. Kami tidak punya apa-apa. Putri saya tidak tahu akan seperti apa masa depannya. Saya tidak tahu bagaimana perasaannya tentang hal itu. Tapi saya harus melakukannya,” jelas ayah bayi itu. 

Afghanistan merupakan negara miskin yang hancur oleh konflik selama beberapa dekade dan korupsi yang merajalela. Negara tersebut bergantung pada bantuan luar negeri untuk sekitar 40 persen dari PDB-nya bahkan ketika diperintah oleh pemerintah yang didukung oleh Barat.

Tetapi pandemi Covid, kekeringan, dan keruntuhan hampir dalam semalam dari pemerintahnya dan pengambilalihan Taliban berikutnya tiga bulan lalu telah secara dramatis memperburuk situasi, dengan negara itu sekarang di ambang kehancuran ekonomi.

Nilai mata uangnya telah jatuh bahkan ketika harga pangan melonjak sementara bantuan telah berhenti, dengan pekerja tidak dibayar, bisnis tutup dan keluarga dipaksa untuk mencambuk semua yang mereka miliki, termasuk anak-anak mereka sendiri hanya untuk bertahan hidup. 

Sementara itu, sebuah laporan Save the Children memperingatkan bahwa keluarga 'menjual sedikit yang mereka miliki untuk membeli makanan, mengirim anak-anak mereka untuk bekerja atau bertahan hidup dengan roti saja.'

Para pemimpin dunia telah menjanjikan sekitar 1 miliar dolar bantuan untuk Afghanistan tetapi berjuang untuk mencari cara bagaimana memasukkannya ke negara itu tanpa dicuri oleh Taliban.

Alex Zerden, mantan pejabat Departemen Keuangan dan rekan di Center for a New American Security, mengatakan kepada CNBC bulan lalu bahwa potensi korupsi dalam jajaran Taliban cukup 'besar'.

Seperempat bank Afghanistan adalah milik negara, katanya, bersama dengan bank nasional yang biasanya digunakan untuk memindahkan sejumlah besar uang tunai.

“Taliban mengontrol bea cukai, mereka mengontrol perpajakan. Mereka terlibat dalam bisnis pemerasan sebulan yang lalu (dan) saya tidak berpikir mereka akan berubah,” katanya. 

Rekomendasi