Australia Akan Buka Penerbangan Internasional, Khusus Wisatawan yang Sudah Vaksin

| 08 Feb 2022 10:32
Australia Akan Buka Penerbangan Internasional, Khusus Wisatawan yang Sudah Vaksin
Australia buka penerbangan internasional (Dok: Paxels/Ben Mack)

ERA.id - Australia akan membuka perbatasannya untuk para wisatawan internasional mulai akhir Februari 2022. Pembukaan ini hanya berlaku bagi wisatawan yang sudah divaksin secara penuh.

Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan pembukaan perbatasan tersebut pada Senin (7/2/2022) waktu setempat. Keputusan ini disampaikan Morrison setelah dia melakukan pertemuan dengan komite keamanan nasional pemerintah.

"Komite Kemanan Nasional dan Kabinet telah memutuskan hari ini bahwa Australia akan membuka kembali perbatasan kami untuk semua pemegang visa yang terisisa pada 21 Februari," kata Morrison, dikutip CNN, Senin (7/2/2022).

Australia sebelumnya telah menutup perbatasan untuk sebagian besar wisatawan sejak awal 2020. Namun penutupan itu perlahan-lahan dilonggarkan sejak November 2020 melalui program perjalanan dengan Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, dan Jepang.

Saat ini, warga negara, penduduk tetap dan keluarga, bersama dengan siswa internasional, backpacker, dan pekerja migran diizinkan masuk ke negara itu. Para pelancong yang akan memasuki Australia harus menunjukkan bukti memiliki dua dosis vaksin yang disetujui.

Aturan yang sama pun akan berlaku untuk turism kecuali mereka memenuhi syarat untuk pengecualian medis.

"Syaratnya adalah anda harus divaksinasi ganda untuk datang ke Australia. Itu aturannya. Semua orang diharapkan untuk mematuhinya," jelas Morrison.

Lalu, kata Morrison, meski membuka penerbangan internasional beberapa pembatasan karantina di negara bagian akan terus berlanjut. Pembatasan itu nantinya akan ditentukan oleh negara bagian dan pemerintah wilayah setempat.

Sebelumnya pada bulan Januari, petensi nomor satu dunia Novak Djokovic dibatalkan visanya di tengah perdebatan tentang status pengecualian vaksinnya. Dia akhirnya dideportasi dan tidak bisa bertanding di Australia Open.

"Visa Anda adalah satu hal, tetapi masuk Anda ke Australia mengharuskan Anda juga untuk divaksinasi ganda dan saya pikir peristiwa di awal tahun seharusnya mengirimkan pesan yang sangat jelas. Saya pikir kepada semua orang di seluruh dunia bahwa itulah persyaratan untuk masuk ke Australia," kata Morrison.

Perdana Menteri menambahkan bahwa pembukaan kembali perbatasan lebih lanjut akan membawa dorongan yang dibutuhkan untuk industri perjalanan di Australia, terutama untuk sektor pariwisata.

"Saya tahu industri pariwisata akan menantikan hal itu, dan selama dua minggu ke depan mereka akan mendapatkan kesempatan baik bagi pengunjung yang akan datang maupun bagi mereka untuk bersiap menyambut pengunjung internasional kembali ke Australia," katanya.

Pada 7 Februari 2022, Australia telah mengkonfirmasi 2.727.260 kasus positif Covid-19 dengan total kematian mencapai 4.200. Sedangkan saat ini status vaksin di Australia sudah mencapai 80 persen orang dewasa.

Rekomendasi