Usai Minyak Rusia Diembargo, Israel Bakal Pasok Gas Alam ke Eropa: Krisis Energi Dunia Kesempatan Bagi Kami

| 31 May 2022 18:32
Usai Minyak Rusia Diembargo, Israel Bakal Pasok Gas Alam ke Eropa: Krisis Energi Dunia Kesempatan Bagi Kami
Polisi israel tangkap buronan palestina (Dok: Unplash/Taylor Brandon)

ERA.id - Israel menyatakan bakal mengisi kebutuhan energi di Eropa setelah negara-negara Uni Eropa memutuskan untuk melakukan embargo minyak dari Rusia.

Menteri Energi Israel Karin Elharrar mengatakan negaranya memutuskan untuk memulai melakukan explorasi baru gas alam di wilayah perairannya.

Dikutip dari Russia Today pada Selasa (31/5/2022), keputusan melakukan eksplorasi itu juga menyusul adanya krisis energi di Eropa karena pelarangan impor minyak Rusia.

Elharrar mengakui Israel telah mengajukan dan akan membantu Eropa untuk mendapatkan pasokan energi tambahan baru.

"Krisis energi dunia ini merupakan kesempatan bagi Israel untuk mengekspor gas alamnya," jelas dia.

Sebelumnya, dikutip dari VOI.id, pemimpin negara-negara Uni Eropa sepakat untuk mengembargo impor minyak Rusia hingga 90 persen pada akhir tahun ini, menyelesaikan kebuntuan atas sanksi terberat blok itu terhadap Moskow sejak invasi ke Ukraina tiga bulan lalu.

"Kesepakatan untuk melarang ekspor minyak Rusia ke UE," ujar Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam sebuah tweet melansir Reuters.

"Ini segera mencakup lebih dari 2/3 impor minyak dari Rusia, memotong sumber pembiayaan yang sangat besar untuk mesin perangnya. Tekanan maksimum pada Rusia untuk mengakhiri perang," paparnya.

Para pemimpin sepakat, embargo minyak akan mencakup pengecualian untuk Hungaria, negara yang terkurung daratan yang sangat bergantung pada minyak mentah yang disalurkan dari Rusia, menjadi penentang utama untuk kesepakatan dan yang lainnya khawatir tentang dampak ekonomi dari langkah tersebut.

Tags : israel minyak
Rekomendasi