Paus Fransiskus Kecam Moskow dan Memuji Warga Ukraina

| 14 Jun 2022 22:45
Paus Fransiskus Kecam Moskow dan Memuji Warga Ukraina
Paus Fransiskus (ANTARA)

ERA.id - Rusia kembali mendapatkan kecaman dari Paus Fransiskus atas tindakan kejamnya kepada Ukraina. 

Paus memuji keberanian warga Ukraina dalam bertahan hidup di tengah gempuran invasi Moskow. 

Dalam catatan percakapannya dengan sejumlah pemimpin redaksi media Yesuit bulan lalu yang dirilis pada Selasa (14/6/2022), Fransiskus mengatakan situasi di Ukraina tidak bersifat hitam putih.

Pemimpin Gereja Katolik itu menambahkan bahwa perang itu "mungkin dalam beberapa hal, diprovokasi".

Lanjutnya, “kebengisan, kekejaman tentara Rusia, kita tidak boleh melupakan masalah yang sebenarnya jika kita ingin masalah itu diselesaikan.”

"Betul bahwa orang-orang Rusia tersebut dulu berpikir (masalah) itu akan selesai dalam seminggu. Tapi, mereka salah perhitungan. Mereka menghadapi orang-orang berani, orang-orang yang berjuang untuk hidup dan yang memiliki sejarah perjuangan," kata Fransiskus.

Dia mengatakan beberapa bulan sebelum Presiden Vladimir Putin mengirim pasukannya ke Ukraina, dia bertemu dengan seorang kepala negara yang mengungkapkan keprihatinannya bahwa NATO "menggonggong di gerbang Rusia" dengan cara yang bisa memicu perang.

Dikutip secara verbatim dari kata-kata Fransiskus: “Kita tidak melihat seluruh drama yang terjadi di balik perang ini, yang mungkin entah bagaimana diprovokasi atau tidak dicegah”.

Bertanya kepada diri sendiri secara retorik apakah komentar itu menjadikannya “pro-Putin”, dia mengatakan, seperti dikutip dari Antara, “Tidak, saya tidak (seperti itu). Menggampangkan dan keliru mengatakan hal semacam itu”.

Rekomendasi