Ilmuwan China Klaim Temukan Peradaban Alien

| 17 Jun 2022 15:15
Ilmuwan China Klaim Temukan Peradaban Alien
Laboratorium eksplorasi antariksa

ERA.id - China mengklaim berhasil temukan peradaban alien. Hal itu sesuai laporan surat kabar resmi Kementerian Sains dan Teknologi China, Science and Technology.

Sinyal peradaban alien itu ditemukan lewat teleskop Sky Eye yang berada di Provinsi Huizhou China.

Ada 3 kampus yang bekerja sama dalam proyek itu, yakni Beijing Normal University, National Astronomical Observatory of China dan University of California Berkeley.

Zhang Tonjie sebagai kepala ilmuwannya mengatakan tim berhasil menemukan dua set sinyal yang menurigakan dari data tahun 2019.

Tahun ini, 2022, mereka kembali menemukan sinyal lain ketika melakukan pengamatan exoplanet.

Dikutip dari Daily Mail Jumat (17/6/2022), Zhang berujar "Sinyal itu bisa saja merupakan semacam gangguan radio. Jadi memang diperlukan penyelidikan lebih lanjut."

Kabar penemuan peradaban alien langsung tersebar ke media sosial Weibk, kemudian disebar oleh media lain.

Media Bloomberg mengungkap bahwa teleskop Sky Eye mungkin telah menangkap tanda-tanda kehidupan di luar Bumi, menurut laporan Science and Technology Daily yang didukung negara, yang kemudian nampaknya menghapus laporan dan postingan mengenai penemuan itu.

Media lain seperti Mail Online berusaha menghubungi pihak Observatorium Astronomi Nasional China untuk mengklarifikasi mengenai "sinyal peradaban alien" tersebut.

Para ilmuwan China itu menggunakan teleskop bernama Sky Eye dengan diameter 500 meter dan punya potensi terbaik mendeteksi sinyal-sinyal dari luar angkasa dan menemukan kehidupan alien.

Teleskop itu bertugas mencari sinyal komunikasi antarbintang yang menunjukkan kehidupan alien dan exoplanet yang memiliki potensi bisa dihuni.

Tags : Alien china