Ahli Gizi Ungkap Orang Indonesia Kurang Konsumsi Sayur, Ini Varian Menu Sehat Untuk Jadi Pilihan

| 14 Jun 2023 11:35
Ahli Gizi Ungkap Orang Indonesia Kurang Konsumsi Sayur, Ini  Varian Menu Sehat Untuk Jadi Pilihan
Salah satu varian menu sehat (Dok. Era.id/Vessy)

loERA.id - Tubuh manusia sejatinya memerlukan nutrisi yang seimbang dari sayur, daging/ ikan/ telur, buah, dan lainnya. Porsi nutrisi yang diperlukan tubuh harus sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang jika merujuk pada anjuran pemerintah, mengikuti pola porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring dengan komposisi yang baik.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM mengatakan, saat ini kondisi masyarakat Indonesia kurang mengkonsumsi sayur dan buah.

"Jika dulunya kita mengenal empat sehat lima sempurna, seiring dengan berkembangnya ilmu dan pengetahuan konsep tersebut sudah kurang relevan, ujarnya dalam acara SaladStop! saat memperkenalkan Concept Store 2.0 di Central Market PIK, belum lama ini. 

Ia menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyarankan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50% sayur dan buah serta 50% sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Untuk itu, Marketing Manager SaladStop! Indonesia, Donny Kusuma mengatakan, pihak ya menyadari penting asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya harus memiliki unsur yang dibutuhkan tubuh namun juga nikmat sehingga bisa menambah nafsu makan ketika menyantapnya.

"Maka setiap menu yang kami sajikan kami hitung asupan nutrisinya. Kami juga ingin menambah gairah masyarakat untuk menyantap makanan sehat melalui beragam varian menu yang kami sajikan. Kami mendukung upaya gerakan masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan menyajikan beragam pilihan makanan dan minuman sehat sebagai alternatif gaya hidup baru yang lebih sehat bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Salah satu varian menu sehat (Dok. Era.id/Vessy)

Tentu, dengan adanya perubahan gaya hidup ini ditandai juga dengan peningkatan signifikan dalam permintaan makanan yang tidak hanya lezat dan nikmat tetapi juga bergizi dan sehat.

Doddy menambahkan, sebagai varian menu sehat, pihak ya menyajikan beragam pilihan menu bergizi dan sehat mulai dari Salads, Wraps, hingga Warm Protein Bowls. Selain itu juga ada  Chipotle Series sebagai menu terbaru bagi masyarakat yang memiliki perhatian khusus untuk asupan proteinnya. Chipotle Series ini terdiri dari tiga menu andalan yaitu Brisket Ensalada dengan komposisi Smoked beef brisket, organic romaine, vegetable fajitas, pinto beans, sweet corn, salsa, Mexican Chipotle & Ranch.

"Menu lainnya dari Chipotle Series ini adalah Brisket O-Rito yang terdiri dari Smoked beef brisket, cilantro rice, vegetable fajitas, cheddar, pinto beans, salsa, coriander, sour cream, Lime Vinaigrette. Tidak hanya dengan kandungan protein sapi, juga menyajikan menu baru Hola Chicken dengan komposisi Roasted chicken thigh, cilantro rice, vegetable fajitas, cheddar, pinto beans, sweet corn, salsa, coriander, sour cream, Lime Vinaigrette. Tentu saja varian baru yang dihadirkan kali ini tetap menggunakan sayuran segar pilihan, bahan bahan organik, dan telah tersertifikasi Halal," tutup Donny.

Rekomendasi