Mengenal Kopi Guji Asal Ethiopia dengan Rasa Ringan dan Aroma Floral yang Kuat

| 26 Oct 2023 08:05
Mengenal Kopi Guji Asal Ethiopia dengan Rasa Ringan dan Aroma Floral yang Kuat
Tentang kopi guji Ethiopia (Pexel)

ERA.id - Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh masyarakat. Kopi juga memiliki banyak jenis dengan rasa yang berbeda-beda, salah satunya adalah kopi guji asal Ethiopia.

Keistimewaan rasa kopi guji asal Ethiopia ini bisa dinikmati dengan minum Master S.O.E Series oleh Tomoro Coffee. Seri ini merupakan hasil kolaborasi antara World Barista Champion 2017, Dale Harris, dengan Indonesia Barista Champion 2018, Muhammad Aga.

Dale Harris menjabarkan mengenai keistimewaan kopi guji Ethiopia yang bisa dinikmati para pecinta kopi. Ia mengungkap bahwa kopi ini dominasi rasa lebih manis dan aroma floral yang kuat.

“Kali ini kami menggunakan biji kopi Guji Natural Grade 1. Guji itu sendiri adalah salah satu wilayah di Ethiopia yang berada di ketinggian 2.000 hingga 2.500 mdpl, sehingga biji kopi yang dihasilkan memiliki lebih banyak gula dan menghasilkan aroma buah dan bunga yang intens,” kata Dale Harris saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta, pada Selasa (24/10/2023).

Muhammad Aga kemudian menjelaskan proses produksi dari kopi guji Ethiopia. Kopi tersebut diproses dengan cara natural tanpa bantuan alat, dan memanfaatkan cahaya matahari.

“Yang menarik dari Ethiopia Guji kopi ini adalah natural proses. It means setelah kopi dipetik, mereka (petani) langsung menjemur di meja jemur di bawah matahari langsung. Ini supaya mendapat nutrisi dari mataharinya dan waktu jemur yang pas,” tutur Muhammad Aga pada kesempatan yang sama.

Melalui proses produksi yang natural tersebut, kopi yang dihasilkan akan memiliki rasa yang lebih manis dan aroma floral yang kuat. Tekstur dari kopi guji ini juga lebih ringan, yang membuat siapa saja bisa menikmatinya.

“Dengan proses ini menghadirkan kopi yang punya karakteristik sweet dan juga aromatik seperti floral. Potensi lain juga terpancing dengan proses ini. Teksturnya itu juga tea light dan semua orang bisa minumnya. Salah satu karakteristik dari ethiopia kopi ini dia tidak terlalu sour (asam), tidak terlalu bitter (pahit),” pungkas Muhammad Aga.

Rekomendasi