Intip 5 Menu Buka Puasa Khas Arab di Masjid Nabawi Madinah

| 07 May 2021 15:03
Intip 5 Menu Buka Puasa Khas Arab di Masjid Nabawi Madinah
Tangkapan Layar

ERA.id - Seorang YouTuber membagikan pengalamannya berbuka puasa di Masjid Nabawi Madinah.

Dalam vlog nya yang berdurasi tiga menit memperlihatkan menu yang dibagikan secara gratis di sana.

Masjid Nabawi dipenuhi oleh para jamaah yang ingin menjalankan ibadah Ramadan. Selain itu, banyak juga jemaah yang berbuka puasa di masjid tersebut.

Tak terkecuali salah seorang YouTuber asal Indonesia yang menetap di Madinah bernama Dwy Abdurrahman.

Lewat channel YouTube Si Dwy 22 Madinah membagikan pengalaman pribadinya berbuka puasa di Masjid Nabawi termasuk menu berbuka puasa di Masjid Nabawi. Apa saja?

Dalam video tersebut memperlihatkan ketika azan maghrib berkumandang seluruh jemaah yang terdapat di dalam masjid langsung membuka maskernya dan mulai menyantap menu berbuka puasa yang sudah diberikan sebelumnya.

Makanan tersebut ada mulai dari kurma sebanyak 6 buah, roti, air zam-zam, air mineral, dakoh atau rempah-rempah khas Arab. Selain itu, juga dilengkapi dengan tisu basah.

Dwy mengatakan bahwa menu buka puasa itu diberikan secara gratis dan disediakan langsung oleh pihak Masjid Nabawi yang dinamakan Hadiah Al Madinah Munawwarah.

“Semuanya gratis untuk jamaah yang berbuka di Masjid Nabawi,” ujar Dwy.

Lebih lanjut, Dwi juga menceritakan bahwa setiap Ramadan, masjid Nabawi memang selalu menyediakan makanan untuk berbuka puasa. Namun, di tengah pandemi COVID-19 ada beberapa yang berubah.

“Setiap Ramadhan selalu disediakan makanan untuk buka puasa, kecuali di tahun 2020 kemarin karena masa pandemi jamaah tidak diizinkan untuk ke masjid Nabawi,” tutur Dwy.

Di masa pandemi COVID-19 ini menu buka puasa yang disediakan oleh pihak masjid juga tidak pernah berubah. Padahal di masa normal, menu buka puasa sangat beragam, karena banyak jemaah yang ikut menyediakan.

“Di waktu normal menu buka puasa sangat banyak pilihannya karena jamaah pun bisa menyediakan menu buka puasa. Menunya seperti nasi bukhari, al baik, buah-buahan dan menu lain sangat lengkap,” ujar Dwy.

Rekomendasi