Sukses Bangun Usaha Kuliner, Kisah Inspiratif Richard Theodore Ciptakan Wirausaha Berkarakter

| 31 Jan 2022 21:50
Sukses Bangun Usaha Kuliner, Kisah Inspiratif Richard  Theodore Ciptakan Wirausaha Berkarakter
Richard Theodore (Dok. pribadi)

ERA.id - Membangun bisnis sukes, modalnya tak cukup haya materi. Namun, pengalaman, komitmen, dan seangat pantang menyerah juga harus dipupuk dan dijalankan.

CEO dan Founder Summer Minibar Richard Theodore merupakan Alumi Binus Univesity Jurusan Bisnis, sejak kecil awalnya bercita-cita untuk menjadi Atlet badminton, Namun, karena cedera bahus cita-cita itu pun kandas.

Berawal melihat sang ayah yang dulunya seorang pekerja kantoran di daerah Cikarang lalu merintis usaha berjualan ayam bakar, Richard pun tertarik inin menjadi pengusaha. Selesai kuliah, ia pun mencoba merintis usaha.

Sebelum sukses jadi pengusaha muda, Richard adalah seorang pekerja kantoran dengan jabatan tinggi. Pria kelahiran Tangerang, 16 November 2021 1994 bekerja sebagai Duty Manager di salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia.

"Saat itu orangtua saya marah, meminta kembali untuk bekerja sebagai manager tentunya mendapatkan gaji yang ideal tanpa harus ada risiko apapun daripada mendirikan bisnis kuliner ini," ujar CEO dan Founder Summer Minibar ini.

Karena saat itu, dia pernah salah membuat produk yang mengakibatkan produk waste. Rugi ratusan juta karena pernah juga gagal.

"Berkali dulu bisnis es krim, bubur, sambal dan gagal dan kena tipu ratusan juta. Semuanya akhirnya saya mencoba bisnis comfort healty food & drinks," ungkap dia.

Ibarat pepatah berakit kehulu berenang renang ketepian, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian. Keberuntungan pun berpihak kepadanya.

Dari awal merintis bisnis kuliner sehat Summer Bar sampai sekarang, sudah ada 80 outlet dan mempekerjakan lebih dari 400 karyawan.

"Menjadi pengusaha rasanya happy, saat melihat orang lain memiliki kehidupan yang jauh lebih baik bekerja di perusahan saya," terangnya.

Bahkan Richard juga ingin bisnis kuliner yang dibangunnya menjadi tempat buat orang bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari semua aspek. Tidak hanya keuangan namun juga karakter dan mindset.

Rekomendasi