Lapisan Tempered Glass Tahan Lama, Inilah Manfaat Material Kaca pada Permukaan Kompor

| 12 Apr 2022 12:02
Lapisan Tempered Glass Tahan Lama, Inilah Manfaat Material Kaca pada Permukaan Kompor
Kompor kaca (Foto: Dok. Niko Kitchen)

ERA.id - Memakai kompor dengan bahan kaca memang membuat dapur lebih cantik dan menawan. Hal ini karena lapisan dari kompor sudah dilapisi beragam material, salah satunya adalah kaca. Permukaan kompor dilapisi material kaca sudah banyak ditemukan dimana-mana.

Sayangnya, banyak orang beranggapan kompor kaca mudah pecah karena bahannya terbuat dari kaca. Selain itu, banyak yang menilai kompor kaca susah untuk dibersihkan. Lantas, apakah penggunaan material kaca pada kompor itu aman untuk digunakan?

Kali ini, Tjandra Lianto, Marketing Director PT Niko Elektronik Indonesia, membeberkan apa saja kelebihan dari material kaca di kompor. Ia memastikan bahwa kompor kaca tidak akan pecah. Sebab, bahannya yang terbuat dari lapisan tempered glass dan 4 kali lebih kuat dari kaca biasa.

lAunching Niko Kokana Black Series  (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
lAunching Niko Kokana Black Series  (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

"Kalau produk baru pasti ada inovasi, untuk masyarakat indonesia. Kokana ini banyak kelebihan. Simpel minimalis ini dari tempered glass. Bedanya apa? 4 kali lebih kuat dari kaca biasa. Seberapa kuat?," ujar Tjandra, saat ditemui di Tower 2 MNC Studio, Jl Raya Perjuangan nomor 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Selain itu, Tjandra mengatakan bahan tempered glass sangat kuat dan tahan sampai 100 kilogram. Bahkan, kuat disuhu yang panas. Chandra mengatakan kompor kaca mudah dibersihkan.

"Jadi, tempered glass kuat, tahan 100 kg dan tahan panas hiingga 180 derajat. Kalau kaca mudah dibersihkan, kalau tumpah minyak, saus, atau kuah cukup dengan lap mudah sekali. Sudah pemakai pemantik api. Lebih smooth menggunakan baterai jadi operasionalnya lebih aman," paparnya.

Pada bagian burner, Tjandra mengatakan kompor kaca Niko Kokana Black Series menggunakan bahan alumunium dan tembaga. Pemilihan alumunium agar burner lebih ringan ketika diangkat saat proses pembersihan.

"Kalau dibongkar pada bagian burner, sisi atas di bagian dalamnya adalah tembaga. Tembaga penghantar panas yang baik. Bahan dasar alumunium jadi bahan ringan," ucaapnya.

Kompor kaca keluaran terbaru ini juga terdapat fungsi menjaga kegiatan memasak. Dengan sistem pengunci gas yang aman, dapat menahan gas agar tidak keluar pada saat api kompor padam terkena air atau tertiup angin.

"Safety pin fungsinya, kalau ada air tumpah nanti aliran gas dan api akan mati. Kalau ada angin kencang, gas dan api juga akan mati. Semuanya mati dalam 15 detik." lanjutnya.

kompor kaca besutan NIKO dilengkapi dengan fitur Blue Flame Double Burners. Ketika menyalakan tungku, akan terpancar api biru yang merata sempurna serta dilengkapi dengan api lilin tengah sehingga masakan lebih cepat matang.

Fitur lainnya adalah Frame Protector atau rangka tungku yang tertutup guna mencegah masakan yang tumpah masuk ke bagian dalam kompor. Masakan dan cairan yang jatuh di atas rangka tungku akan sangat mudah dibersihkan dengan sekali sentuhan.

Rekomendasi