Disebut Picu Halusinasi hingga Kematian, Inilah 6 Manfaat Buah Kecubung

| 13 Jul 2024 16:30
Disebut Picu Halusinasi hingga Kematian, Inilah 6 Manfaat Buah Kecubung
Ilustrasi buah kecubung ( Instagram / @kelestarian.id)

ERA.id - Pemberitaan dihebohkan dengan kabar 44  warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diduga mabuk alkohol dan mencampur mirasnya dengan kecubung.

Mereka masuk ke Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum akibat teler atau mabuk usai mengonsumsi kecubung. Hingga akhirnya, ada 2 warga yang tewas.

Kecubung merupakan tanaman yang mengandung senyawa tropan alkaloid yang bisa menyebabkan efek halusinogenik jika dikonsumsi sembarangan.

Penyalahgunaan kecubung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk keracunan, halusinasi, kebingungan, kejang hingga kematian. 

Jika diolah dengan benar dan penuh kehati-hatian, kecubung memiliki beberapa manfaat serta berkhasiat mengatasi masalah kesehatan. Berikut 6 manfaat buah kecubung, seperti dilansir dari laman Perpustakaan Kementerian Pertanian Indonesia.

1. Mengatasi kulit bengkak

Kecubung dapat membantu meredakan masalah bengkak pada kulit. Penggunaan daun kecubung segar yang dicampur dengan minyak kelapa. Berikutnya,  dipanggang dan diremas, kemudian ditempelkan pada kulit yang bengkak

2. Perawatan kuping kopok

Untuk masalah kuping kopok, buah kecubung bisa menjadi solusi. Isi buah kecubung dipipis halus, dicampur dengan minyak zaitun atau kelapa, dan dipanaskan sebentar dengan kelontongannya. Lalu, digunakan untuk menetesi kuping yang sedang bermasalah.

3. Mengatasi sembelit

Daun kecubung yang diremas dan ditempatkan di perut dapat membantu meredakan sembelit, memberikan bantuan alami bagi mereka yang sering mengalami masalah pencernaan. Cara ini juga bisa meredakan nyeri haid dan sakit perut.

4. Perawatan ketombe

Untuk masalah ketombe, masukkan 7 helai daun kecubung kering dan 5 sendok makan minyak kelapa ke dalam botol dan tutup rapat. Panaskan di bawah sinar matahari selama 7 hari, Dioleskan pada kulit kepala 2 kali sehari pagi dan sore.

5. Meredakan reumatik

Daun kecubung 14 helai dirajang dan dijemur kemudian ditambah minyak kelapa 10 sendok, simpan campuran tersebut selama 3 hari. Peras dan pisahkan minyaknya kemudian dihangatkan, Gosokkan pada bagian yang nyeri, bila perlu tambahkan sedikit minyak kayu putih. 

6. Terkilir/keseleo

Campurkan 14 helai daun kecubung dengan 2 buah serai dan dicacah halus, tambahkan minyak kelapa 2 gelas, lalu gosok pada bagian yang sakit. Proses pemanasan dan pemijatan dengan minyak tersebut membantu mengurangi ketidaknyamanan pada area yang terkilir.

Rekomendasi