Pemasangan Chattra Borobudur Ditunda, Kemenag Ajukan 7 Upaya Strategis

| 12 Sep 2024 20:15
Pemasangan Chattra Borobudur Ditunda, Kemenag Ajukan 7 Upaya Strategis
Perwakilan tokoh agama berjalan mengelilingi Candi Borobudur saat pelaksanaan Pradaksina Merdeka di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/8/2024).( ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

ERA.id - Pemasangan chattra Borobudur harus ditunda. Semula dijadwalkan pada 18 September 2024 untuk diresmikan, tapi harus mengalami penundaan. 

Menyikapi hal ini, Kementerian Agama (Kemenag) RI melakukan tujuh upaya strategis dalam menyikapi penundaan instalasi chattra atau payung di stupa induk Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

Menurut laporan Antara, penundaan ini disebabkan adanya temuan hasil kajian teknis dan Detailed Engineering Design (DED), yang disusun oleh tim ahli dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menyimpulkan perlu dilakukan studi yang lebih mendalam tentang otentisitas chattra.

"Berdasarkan hasil kajian teknis yang komprehensif, meliputi pengamatan langsung, pengukuran, pengujian, serta penghitungan dan analisis kekuatan, (ditemukan) bahwa kondisi material chattra ada yang tidak utuh atau terbagi banyak bagian batu dan batu bahan material tidak memiliki kait antarbatu. Maka, memerlukan tahapan yang harus dikoordinasikan sesuai ketentuan yang berlaku," kata Juru Bicara Kemenag RI Sunanto.

Oleh karena itu, Cak Nanto, mengungkapkan Kemenag memiliki tujuh langkah strategis dalam menyikapi hal ini. Seperti proses adaptasi untuk pemasangan chattra di Candi Borobudur dimulai dengan penyusunan dokumen rencana kegiatan adaptasi yang komprehensif.

Kemudian menyempurnakan dokumen studi kelayakan yang telah ada yang mencakup kajian spiritual, kajian teknis, dan DED.

"Ketiga, melakukan komunikasi intensif dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai konsensus yang akan diintegrasikan ke dalam studi kelayakan dan Keempat, tim kajian dampak cagar budaya (KDCB) yang baru perlu ditunjuk untuk mengevaluasi dampak berdasarkan dokumen-dokumen yang telah disusun untuk selanjutnya dilakukan uji publik," ujarnya. 

Lalu, kata Cak Nanto, upaya kelima adalah mengajukan permohonan izin dengan pihak organisasi pendidikan, keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) dan pemangku kepentingan terkait.

Keenam, dari proses persiapan ini adalah mengajukan permohonan izin adaptasi ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan memperoleh rekomendasi positif dari Dewan Pengarah Badan Otorita Borobudur.

Dan Ketujuh, ucap Cak Nanto pemasangan chattra dilaksanakan setelah mendapatkan izin adaptasi resmi dari Kemendikbudristek.

Ia menekankan pemasangan chattra di Candi Borobudur merupakan amanat UU No.11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Konvensi Warisan Dunia Tahun 1972.

"Sejumlah langkah tersebut ditargetkan dalam satu tahun ke depan untuk selanjutnya direalisasikan pemasangan chattra di Candi Borobudur dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku untuk memenuhi harapan umat Buddha," tutur Cak Nanto.

Rekomendasi