Tegur Pesulap Merah karena Bongkar Praktik Dukun, Anggota MUI Buya Munawwir Dihujat Netizen: Kenapa Menyudutkan Marcel?

| 22 Aug 2022 13:35
Tegur Pesulap Merah karena Bongkar Praktik Dukun, Anggota MUI Buya Munawwir Dihujat Netizen: Kenapa Menyudutkan Marcel?
Anggota MUI dan Pesulap Merah (Foto: Instagram/@marcelradhival1 dan YouTube/Cumicumi)

ERA.id - Salah satu anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Munawwir Alqosimi kini jadi sorotan netizen. Kini, ia jadi bulan-bulanan netizen karena sudah mengusik Marcel Radhival atau lebih dikenal Pesulap Merah yang kini gencar membongkar rahasia trik muslihat dukun.

Anggota MUI, Buya Munawwir Alqosimi memberikan pandangan mengenai Pesulap Merah yang membongkar praktik perdukunan. Ia mengatakan dunia sulap memakai alat rekayasa yang justru tidak diperbolehkan oleh agama.

"Tukang sihir pas zaman Nabi Musa itu menggunakan ilmu sulap, bukan memakai jin. Karena itu ulama tidak memperbolehkan sulap. Sulap itu memang menggunakan alat-alat rekayasa itu tidak diperbolehkan," ujar Buya Munawwir, dikutip dari kanal YouTube Cumicumi.

Lebih lanjut, Buya mengatakan bahwa sulap tujuannya untuk menghibur. Namun, ia merasa Pesulap Merah menyalahartikan dan jadi membongkar trik perdukunan.

"Ada yang sudah mengeluarkan fatwa yaitu Yordania, bahwa sulap itu boleh digunakan hanya untuk permainan, hanya untuk hiburan. Jangan kemudian Marcel ini seperti kayak penyidik sebagaimana hakim," ucapnya.

Anggota MUI (Foto: YouTube/Cumicumi)
Anggota MUI (Foto: YouTube/Cumicumi)

Buya mewajarkan Pesulap Merah dilaporkan oleh Persatuan Dukun Indonesia. Baginya, aksi dilakukan Pesulap Merah bisa memecah belah masyarakat.

"Kalau ada dari warga melakukan kesalahan, maka laporkan oleh pihak yang dirugikan. Masalah itu banyak tidak memperbolehkan, apalagi ini yang bisa membahayakan diri," katanya.

"Menurut saya memang enggak menghibur. Kita lihat ada dari realita kenyataan bahwa umat terbelah. Ada yang mencaci Marcel, ada yang mencaci Gus Udin," lanjutnya.

Buya menyarankan Pesulap Merah agar fokus menjadi pesulap, bukan ikut campur mengenai dunia perdukunan. Ia juga menyandingkan Limbad dan Pesulap Merah.

"Jadi Marcel kalau mau menghibur ya menghibur saja sebagai pesulap, dengan memakai alat yang memang menghibur," tutur Buya Munawwir.

Pernyataan dari anggota MUI ini justru dibanjiri hujatan netizen. Mereka tak setuju mendengar pernyataan MUI dan ramai-ramai membela Pesulap Merah.

"Aneh nih orang ada yang mengungkap kebenaran bukan dibela malah seolah disalahkan," tulis akun Louisa Alea****

"Orang aneh, mau mencerdaskan orang malah disuruh diam dan dianggap membuat gaduh. Hadeeehhhh, enggak jelas banget, justru orang-orang yang menggunakan agama untuk menipu itulah yang harus diperangi," kata akun Enni Ni****

"Kenapa MUI malah menyudutkan Marcel? Bukankah ada oknum-oknum yang lebih jelas bisa disudutkan atau disadarkan?? Seperti dukun yang memasukkan paku dan bocah yang arogan mengaku habib. Kayaknya mereka yang harus diluruskan," ungkap akun Aiu A****

Rekomendasi