Jelang Prosesi Adat Ngunduh Mantu, Anggrek dan Melati Hiasi Pelaminan

| 11 Dec 2022 07:48
Jelang Prosesi Adat Ngunduh Mantu, Anggrek dan Melati Hiasi Pelaminan
Anggrek dan Melati Hiasi Pelaminan Kaesang-Erina (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Bunga anggrek dan melati menjadi penghias pelaminan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Bunga ini mayoritas menghiasi seluruh pelaminan karena merupakan bunga favorit dari ibu negara Iriana Jokowi.

Dari pantauan di lokasi pada Minggu (11/12/2022) pelaminan sudah siap ditempati Kaesang dan Erina. Bunga memenuhi hampir seluruh teras di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. Dekorasi ini merupakan karya dari Asmoro Decoration.

Dekorasi pelaminan ini mengusung tema Jawa Klasik Mataram Islam. Selain bunga, ukiran berwarna hitam dan emas juga menjadi penghias pelaminan.

“Mayoritas anggrek bulan, keremenen ibu (kesukaan Ibu Iriana) itu dan melati. Jadi agak banyak melati dan anggrek di teras,” kata Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Da Gama.

Selama ini Asmoro Decoration selalu menjadi kepercayaan dari keluarga Presiden Jokowi jika ada acara. Baru-baru ini Asmoro Decoration dipercaya untuk menghias kediaman Jokowi saat menjamu Presiden Uni Emirat Arab (UEA).

Selain itu Asmoro Decoration bertugas untuk menyiapkan dekorasi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, serta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Lebih lanjut Pandji mengatakan pernikahan anak Presiden Jokowi sebelumnya memakai bunga warna warni namun untuk Kaesang dan Erina dengan warna putih. Salah satu alasan memakai bunga putih supaya ada variasi dari dekorasi pernikahan sebelumnya.

“Pengen variatif dengan trendi Jawa klasik,” ujarnya. Dia menjelaskan sejumlah bunga untuk dekorasi di Loji Gandrung, antara lain, bunga anggrek bulan, casablanca, mawar putih, lili, baby breath, sedap malam, dan ivy.

Menurut dia, konsep dekorasi merupakan Jawa klasik dengan titik ornamen kontemporer Solo-Jogja. Bunga tidak diatur simetris namun dinamik asimetris supaya ada perbedaan dengan dekorasi dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Rekomendasi