Tak Perlu Khawatir, Ikuti 4 Tips Jitu Bagi Gen Z yang Ingin Beli Rumah Impian

| 24 Feb 2023 09:52
Tak Perlu Khawatir, Ikuti 4 Tips Jitu Bagi Gen Z yang Ingin Beli Rumah Impian
Ilustrasi rumah (Foto: Freepik/rawpixel.com)

ERA.id - Tingginya harga rumah dari tahun ke tahun membuat Gen Z tidak bisa membeli hunian impiannya. Apalagi, rumah merupakan properti yang terbilang mahal. Sayangnya, seringkali Gen Z menunda-nunda tabungan untuk membeli rumah.

Hal ini karena kebiasaan hidup konsumtif dari Gen Z. Meskipun hanya memiliki gaji pas-pasan, ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa membeli rumah. 

Berikut 4 tips jitu bagi Gen Z yang ingin membeli rumah impian menurut Aliyah Natasya, Certified Financial Planner melalui acara virtual BCA pada Kamis (23/2/2023).

Virtual BCA (Foto: Zoom)
Virtual BCA (Foto: Zoom)

1. Menabung dan investasi reksadana

Aliyah mengatakan bahwa Gen Z penting untuk menabung dan investasi reksadana. Sebaiknya, kamu membulatkan tekad dan niat untuk menetapkan target yang ingin dituju.

"Saya nabung, terus saya belajar investasi reksadana sempat lost dan perbaiki. Invest saham, kita mau update diri sendiri menjadi lebih baik," ujarnya.

2. Mencari penghasilan tambahan

Apabila Gen Z ingin segera memiliki rumah impian, hal yang bisa dilakukan adalah mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi dibanding sebelumnya. 

Selain itu, Aliyah mengatakan Gen Z bisa mencari penghasilan tambahan supaya rumah impian yang diinginkan bisa segera terwujud.

"Mengandalkan tabungan akan susah, kalo karier percepat, penambahan uang, atau income itu bisa mempercepat Gen Z membeli rumah," katanya.

3. Beli rumah sesuai budget

Lebih lanjut, Aliyah juga menyarankan para calon pembeli Gen Z untuk membeli rumah sesuai budget. Untuk Gen Z, Aliyah menyarankan membeli atau menyicil rumah seharga Rp500 juta.

"Makanya beli rumah step by step. Nggak harus wah banget. Kita mau rumah Rp2 M, tapi coba deh Rp500-an kebeli, Rp2M suatu saat bisa dibeli,"

4. Ambil rumah KPR

Kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin memiliki rumah impian.

"Kesulitan DP, yang buat kita happy jadikan DP. Misalnya, Rp500 juta DP 10%. Kemudian, masuk nggak income kita ke syarat KPR," tambahnya.

Rekomendasi