Intip 3 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Libur Panjang Idul Adha

| 29 Jun 2023 13:30
Intip 3 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Libur Panjang Idul Adha
Ilustrasi liburan (Foto: Pexels/Jacek Mleczek)

ERA.id - Masyarakat bisa menikmati libur panjang Idul Adha selama 5 hari terhitung dari hari Rabu, 28 Juni hingga Minggu, 2 Juli 2023. Liburan panjang adalah waktu yang tepat bagi masyarakat Indonesia untuk beristirahat dan menikmati berbagai kegiatan menyenangkan bersama keluarga dan orang terkasih. 

Memasuki fase pasca-pandemi, Indonesia semakin banyak menawarkan kegiatan-kegiatan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Berikut kegiatan seru yang bisa dilakukan saat libur panjang Idul Adha, dari keterangan resmi Morris Garages (MG).

1. Mengunjungi obyek wisata

Salah satu kegiatan pertama yang dapat dilakukan selama liburan adalah mengunjungi berbagai objek wisata. Setiap kota memiliki daya tarik wisata yang berbeda, jadi rencanakanlah destinasi yang ingin kamu kunjungi sesuai dengan keinginan dan anggaran yang dimiliki. Menjelajahi objek wisata seperti museum dengan nilai sejarah tinggi biasanya tidak memerlukan biaya masuk yang tinggi. 

Harga tiket masuk yang terjangkau membuat museum menjadi pilihan yang baik. Terlebih lagi jika banyak museum yang terletak di kotamu, sehingga kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Namun, jika kamu menyukai petualangan dan ingin menjelajahi tempat-tempat eksotis yang tidak dapat ditemukan di perkotaan, mengunjungi destinasi pegunungan atau pantai adalah pilihan yang tepat.

Perlu diingat bahwa destinasi dengan pemandangan pegunungan dan pantai yang luar biasa biasanya memerlukan perjalanan yang cukup jauh, jadi pastikan kamu memilih transportasi yang nyaman untuk perjalanan panjang.

Salah satu lokasi menarik adalah Galeri Lokananta yang terletak di Solo, Jawa Tengah. Galeri Lokananta adalah museum musik yang awalnya merupakan studio musik pertama di Indonesia. Tampilannya yang klasik dan berbagai koleksi memorabilia musik dari tahun ke tahun menjadikan Galeri Lokananta sebagai tujuan favorit para pecinta musik Indonesia.

Bagi yang ingin berlibur di ibu kota, kamu dapat memilih Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara. PIK saat ini menawarkan banyak objek wisata dengan berbagai aktivitas yang beragam, mulai dari menikmati udara segar di Pantai Pasir Putih, merasakan nuansa internasional, naik tram untuk melihat pemandangan sekitar, dan banyak lagi.

2. Berburu Kuliner

Selain berwisata mengunjungi objek-objek wisata menarik, berburu kuliner juga menjadi kegiatan favorit yang dilakukan oleh masyarakat selama liburan. Banyak orang yang antusias mencari lokasi kuliner tersembunyi di berbagai penjuru kota yang mereka kunjungi.

Mereka bahkan rela mengantri lama dan melewati jalan-jalan kecil untuk mencicipi cita rasa makanan tersebut. Keuntungan dari kegiatan ini adalah bahwa semua aktivitas ini dapat disesuaikan dengan anggaran liburan masing-masing.

Bagi yang ingin mencari destinasi kuliner di ibu kota, M Bloc menjadi pilihan utama. M Bloc dulunya adalah bangunan yang dulu digunakan sebagai Percetakan Uang Republik Indonesia, namun kini telah direvitalisasi oleh generasi muda kreatif Indonesia. Saat ini, M Bloc menjadi tempat favorit bagi generasi muda untuk bertemu dan bersantai sambil menikmati beragam pilihan makanan yang beragam.

3. Berolahraga

Salah satu opsi kegiatan liburan lain yang diminati oleh masyarakat saat ini adalah berolahraga. Selain memberikan manfaat kesehatan bagi jiwa dan tubuh, olahraga dapat dilakukan di mana pun kamu berada, baik itu saat berada di tempat terpencil maupun saat menikmati kegiatan di dalam kota.

Berolahraga adalah solusi liburan yang sehat dan menyenangkan. Salah satu tempat yang mudah untuk dikunjungi adalah Gelora Bung Karno (GBK), di mana kamu dapat menemukan berbagai kegiatan olahraga. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai pilihan aktivitas olahraga, mulai dari berlari, bersepeda, bermain sepatu roda, bermain basket, sepak bola, dan berbagai kegiatan olahraga lainnya, semuanya dapat ditemukan di satu tempat.

Rekomendasi