Sambut Pemilu 2024, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pebisnis Fokus Dagang: Sekarang Aman

| 10 Aug 2023 22:16
Sambut Pemilu 2024, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pebisnis Fokus Dagang: Sekarang Aman
Zukifli Hasan (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta agar para pedagang agar tidak perlu khawatir dan tetap berdagang menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ungkap momen pemilu tahun depan cenderung tak terlalu memengaruhi minat ekspansi para pelaku usaha. Menurutnya, Pemilu tahun ini lebih aman dan damai dibanding tahun 2019.

Hal ini diungkapkan Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pembukaan Acara Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023 pada tanggal 10 Agustus-20 Agustus 2024 yang serempak diadakan di seluruh pusat belanja di Indonesia.

"Yang usaha tenang saja, fokus (dagang). Pemilu kali ini pasti lebih baik dari Pemilu kemarin. Pemilu sekarang aman, damai tertib Insyaallah," ujar Zulkifli Hasan, Jl. Teluk Betung I, Kb. Melati, Jakarta Pusat pada Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, Pemilu 2024 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga, ia merasa para pedagang harus berjualan lebih giat pasca pandemi Covid-19.

"Karena yang turun sudah lewat, yang jelek sudah lewat, saatnya sekarang baik-baik, bagus-bagus saja," bebernya.

Peluncuran ISF 2023 (Foto: Era.id/Adelia)
Peluncuran ISF 2023 (Foto: Era.id/Adelia)

Menurutnya, masyarakat sekarang ini sudah lelah dengan kondisi keributan. Ia yakin Pemilu 2024 lebih damai dan baik nantinya.

"Dan rakyat juga lama-lama bosan kalau musuhan, capek. Kalau baik-baik kan gembira," ujarnya.

"Jadi sudah dua kali Pemilu kurang baik, Insyaallah tahun ini dan tahun depan akan jauh lebih bagus," tambahnya.

Zukifli Hasan (Foto: Era.id/Adelia)
Zukifli Hasan (Foto: Era.id/Adelia)

Selain itu, Zukfli Hasan menegaskan ekonomi tahun ini sudah membaik pasca pandemi Covid-19. Maka dari itu, ia menekankan para pengusaha untuk giat berdagang.

"Ekonomi kita tahun ini baik, tahun depan lebih baik lagi. Cuan akan lebih banyak. Jadi tenang saja, fokus usaha. Dan rakyat juga lama-lama kalau musuhan bosen, bosen pak, capek," paparnya.

Kedepannya, Zulkifli yakin dunia perekonomian akan jauh lebih. Ia yakin para pebisnis akan untung menjelang Pemilu 2024.

"Kita kalau baik-baik jadinya gembira. Jadi sudah 2 kali Pemilu kurang baik, Insyaallah tahun ini, tahun depan, akan jauh lebih bagus." tuturnya.

para pengelola pusat perbelanjaan melalui Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) optimis mendukung roda perekonomian nasional terkhusus bidang retail agar dapat terus bergerak dan melanjutkan laju pembangunan negara menuju Indonesia Maju. 

Sejalan dengan upaya tersebut, dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) gelar Indonesia Shopping Festival 2023 pada tanggal 10 Agustus hingga 20 Agustus 2023 yang serempak diadakan di seluruh pusat belanja di Indonesia.

Dengan fokus mengembangkan serta mengeksplor kebudayaan dan makanan Indonesia, Indonesia Shopping Festival 2023 menargetkan untuk peningkatan jumlah pariwisata lokal dan international, penjualan dibidang retail, dan mengedepankan UMKM & ekonomi kreatif. 

Sejalan dengan optimisme Pemerintah, dengan dilaksanakan Indonesia Shopping Festival 2023 bertujuan untuk mengoptimalkan peningkatan jumlah transaksi dibidang retail dan traffic pengunjung pada pusat perbelanjaan, sehingga harapannya dapat mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional, agar pengusaha kecil dan menengah memperoleh keuntungan untuk mengangkat produk khas daerahnya melalui pusat perbelanjaan. 

Dengan adanya dukungan oleh pegiat UMKM dalam mengeksplorasi produk khas daerah dan makanan nusantara di pusat belanja, dapat secara aktif mendukung roda perekonomian Indonesia menjadi semakin maju.

Rekomendasi