Program Berkarya Bercerita Edisi Kemerdekaan Bangun Jiwa Nasionalisme Para Siswa di HUT RI ke-78

| 18 Aug 2023 14:00
Program Berkarya Bercerita Edisi Kemerdekaan Bangun Jiwa Nasionalisme Para Siswa di HUT RI ke-78
Program Berkarya Bercerita di HUT RI ke-78 (dok. ERHA)

ERA.id - Akses pendidikan dan kemampuan ekonomi merupakan dua faktor dasar yang masih menjadi masalah bagi negara berkembang seperti Indonesia. Di momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 ini, hal tersebut masih menjadi polemik besar di masyarakat dan pemerintah.

Berlandaskan hal itu, Arya Noble Group, induk perusahaan ERHA membangun taman baca bagi anak di berbagai kota di Indonesia, salah satunya Taman Baca Jendela Dunia di SD Dinamika Bekasi yang berada di kawasan Tempat Pembuangan Sampah Akhir Bantargebang. Taman baca ini sudah mengakomodir hampir 60 persen anak pemulung untuk mendapatkan akses pendidikan lebih baik.

Bertepatan dengan HUT RI ke-78, diadakan program literasi Berkarya Bercerita edisi Kemerdekaan di SD Dinamika Bekasi tersebut oleh ERHA Acne Center dan ERHA Ance Act. Program ini dimulai dengan kegiatan upacara bendera yang dilanjutkan dengan edukasi pemilahan sampah untuk anak-anak dan perlombaan kreatif lainnya.

"Kami harap Berkarya Bercerita edisi Kemerdekaan ini dapat menjadi kegiatan yang tidak hanya menghibur namun juga pengingat bagi kita semua untuk terus menyalakan semangat belajar dan nasionalisme dalam diri para calon generasi penerus," kata Chief Corporate Affairs Officer Arya Noble Group, Andreas Bayu Aji, dalam keterangan resmi.

Kepala Sekolah SD Dinamika Bekasi, Nasrudin, S.Pd, MMSD, mengatakan bahwa program ini disambut begitu antusias oleh para siswa. Program ini diharapkan mampu memajukan kemampuan para siswa dan jiwa nasionalisme mereka.

"Peringatan Hari Kemerdekaan kali ini tentunya sangat berbeda bagi siswa. Mereka dengan antusias menyambut kegiatan Berkarya Bercerita edisi Kemerdekaan. Ini partisipasi dalam memajukan kemampuan literasi dan jiwa nasionalisme siswa," kata Nasrudin.

Sementara itu, Berkarya Bercerita merupakan program literasi untuk meningkatkan literasi para siswa. Program ini terdiri dari menabung buku, pemberdayaan penjaga taman baca, hingga keterlibatan relawan dalam berbagai kegiatan sosial di Taman Baca Jendela Dunia yang memberikan akses pendidikan yang layar bagi seluruh siswa di Indonesia.

Rekomendasi