Beragama Islam, Indah Kalalo Beberkan Alasan Bangun Pura Hindu di Dalam Rumah: Disembahyangi 3 Kali Sehari

| 18 Sep 2023 19:00
Beragama Islam, Indah Kalalo Beberkan Alasan Bangun Pura Hindu di Dalam Rumah: Disembahyangi 3 Kali Sehari
Indah Kalalo (Foto: Instagram/@indahkalalo)

ERA.id - Usai vakum dari dunia hiburan Tanah Air, Indah Kalalo kini menetap di Bali bersama keluarga kecilnya. Rupanya, ia membangun pura Hindu di dalam rumahnya. Indah Kalalo membeberkan alasan membangun pura Hindu, meski memeluk agama Islam. 

Indah Kalalo menetap di Bali bersama suami, Ibrahim Justin Wermer dan tiga anaknya, Ayanna Rose Werner, Byron Benjamin Werner, dan Tigerlily Grace Werner. Bintang film Mafia Insyaf ini tinggal di rumah mewah dan megah dengan luas 2.400 meter persegi di Pulau Dewata Bali.

Rumahnya didesain cantik dengan berbagai fasilitas mewah, seperti dua kolam renang dan berbagai ruangan dengan tema berbeda. Terlihat rumahnya sangat nyaman dengan mengusung konsep natural dan terasa sekali suasana Bali.

Di area kolam renang bawah dan tempat santai, Indah Kalalo rupanya membangun pura Hindu. Kepada Melaney Ricardo, Indah Kalalo membeberkan alasan membangun pura kecil di dalam rumahnya.

"Kalau di Bali itu kan harus ada yang namanya di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Jadi, aku bangun lah itu ada pura," ujar Indah Kalalo, dikutip dari kanal YouTube Melaney Ricardo.

Perempuan berusia 40 tahun ini membangun pura sebagai wujud penghormatan adat-istiadat daerah sekitar. Apalagi, mayoritas penduduk di Bali memeluk agama Hindu. Biasanya, para karyawan beragama Hindu yang bekerja melakukan sembahyang di pura itu.

"Setiap hari ada orang Bali, staf kita sama orang-orang Bali yang dulunya kehidupan di sini, sembahyang. Ini didoain, disembahyangi sehari 3 kali," paparnya.

Indah Kalalo menyinggung soal bagaimana sikap orang Indonesia yang sering menanyakan agama orang lain. Ia mengatakan jika penduduk Bali sangat toleransi dengan agama orang lain.

"Gue paling sering ditanya (agama). Di sini toleransi agamanya jalan banget, sama-sama menghormati. Orang di sini yang kerja sama aku ada yang Islam, Kristen, Hindu, Buddha," bebernya.

Ketika ditanya agama apa yang dianutnya, Indah Kalalo menjawab bahwa semua agama mengajarkan kebaikan. Ia yakin semua orang yang beragama memiliki hati yang baik.

"Kalau orang nanya, apa agama Indah Kalalo? Agama aku adalah cinta. Karena orang beragama itu pasti hatinya baik dan nggak berbuat jahat. Itu fondasi semua agama adalah cinta dan kasih," jelasnya.

Diketahui, Indah Kalalo memilih menetap di Pulau Dewata, Bali. Ia kini fokus mengurus keluarga kecil dan bisnis dijalaninya. Indah Kalalo menikah dengan Ibrahim Justin Werner pada 18 September 2011 dan dikaruniai tiga anak, Ayanna, Byron dan Tigerlily.

Rekomendasi