4 Mobil Listrik Murah Terbaru 2023, Harga Mulai dari Rp60 Jutaan!

| 08 Oct 2023 17:01
4 Mobil Listrik Murah Terbaru 2023, Harga Mulai dari Rp60 Jutaan!
Mobil Wuling

ERA.id - Jumlah adopsi mobil listrik di Indonesia masih terbilang sedikit karena harganya yang tinggi, sehingga banyak orang belum beralih ke mobil listrik sebagai pilihan kendaraan mereka. Namun, beberapa produsen mulai memperhatikan kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil listrik murah dengan harga yang lebih terjangkau. 

Salah satu contoh mobil listrik termurah saat ini adalah mobil Trolis dari Haka Motors. Mobil listrik termurah di Indonesia ini dijual dengan harga Rp60 jutaan saja. Bahkan, model lain dari Haka Motors juga dijual di bawah Rp150 juta.

Selain itu, masih ada banyak model mobil listrik dari pabrikan lain yang harganya juga cukup terjangkau. Ingin tahu daftar lengkapnya? Ayo, lihat daftar mobil listrik termurah yang dapat kamu beli di Indonesia hasil rangkuman Jalantikus berikut ini!

1. Haka Motors

Haka Motors adalah perusahaan manufaktur lokal yang didirikan pada tahun 2017 oleh Halim Kalla, adik dari Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Perusahaan ini menghasilkan tiga jenis mobil listrik, yaitu Trolis, Erolis, dan Smuth.

Menariknya, semua mobil ini memiliki harga yang terjangkau, yaitu di bawah Rp150 juta. Trolis, dengan harga Rp60 juta, memiliki desain mirip bajaj dan menggunakan baterai berkapasitas 7,6kWh 72V yang mampu menempuh jarak maksimal 150 km.

Sementara itu, model Erolis, yang dijual mulai dari Rp85 juta, memiliki desain kotak-kotak dan menggunakan baterai berkapasitas 7,6kWh 72V dengan jarak tempuh maksimal 150 km. Sedangkan model Smuth, yang dijual mulai dari Rp140 jutaan, adalah mobil listrik tipe pickup dengan baterai berkapasitas 15,4kWh dan mampu menempuh jarak maksimal 175 km.

2. K-Upgrade

K-Upgrade adalah mobil listrik yang telah dipamerkan dalam acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Mobil ini diimpor dari China dan memiliki kemampuan menempuh jarak lebih dari 300 km.

Dari segi spesifikasi umum, mobil listrik terjangkau ini memiliki sistem penggerak semua roda atau all-wheel drive. K-Upgrade dilengkapi dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh dan motor listrik dengan tenaga mencapai 68 PS.

Daya tarik utama mobil ini adalah harganya yang terjangkau, hanya Rp75 juta. Secara penampilan, mobil yang didistribusikan oleh PT. Kurnia EVCBU ini mirip dengan Suzuki Karimun Wagon R, sebuah mobil konvensional.

3. Wuling Air EV Lite

Wuling Air EV Lite adalah varian terbaru dalam seri mobil listrik Wuling Air EV yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang praktis dan ekonomis di perkotaan. Mobil ini menawarkan solusi yang handal dan mudah digunakan bagi penduduk perkotaan yang mencari mobil listrik yang andal.

Wuling Air EV Lite menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 18 kWh, dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam dan dapat berakselerasi dari 0 hingga 50 km/jam dalam waktu 5,6 detik.

Wuling Air EV Lite saat ini merupakan salah satu mobil listrik termurah di Indonesia karena dijual seharga Rp206 juta OTR Jakarta, atau sekitar Rp188 juta setelah mendapatkan insentif PPN dari pemerintah.

4. DFSK Mini EV

DFSK Mini EV diperkenalkan pertama kali di Indonesia dalam acara PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS). Mobil listrik ini sudah dijual di negara asalnya, China, sejak kuartal satu tahun 2022.

Mobil listrik yang terjangkau ini dijual dengan harga Rp250 juta dan dilengkapi dengan satu motor listrik penggerak roda belakang berkode TZ144X07A yang mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 25 kW atau setara dengan 34 dk, serta torsi maksimal mencapai 100 Nm.

DFSK Mini EV secara khusus dirancang sebagai kendaraan ramah lingkungan yang cocok untuk penggunaan di perkotaan. PT Sokonindo Automobile (DFSK) sebagai distributor siap memasarkan mobil ini di pasar Indonesia.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai mobil listrik murah di Indonesia tahun 2023 yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Sekarang, memiliki kendaraan ramah lingkungan terbaik dengan harga yang terjangkau bukanlah hal yang mustahil lagi.

Melihat tren perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini, tidak diragukan lagi bahwa akan ada lebih banyak mobil listrik terjangkau yang akan tersedia di masa depan. Mari kita tunggu dan lihat perkembangannya!

Rekomendasi