Imbas Konflik Hamas dan Israel, MTV EMA 2023 Resmi Dibatalkan

| 20 Oct 2023 14:03
Imbas Konflik Hamas dan Israel, MTV EMA 2023 Resmi Dibatalkan
MTV EMA 2023 dibatalkan (Twitter/X)

ERA.id - Ajang penghargaan musik MTV Europe Music Awards (EMA) 2023 resmi dibatalkan. Pembatalan acara ini dilakukan imbas adanya perang antara kelompok militan Hamas di Palestina dengan Israel yang tengah memanas.

MTV EMA 2023 awalnya akan digelar di Paris, Prancis, pada 5 November 2023 mendatang. Namun, acara diputuskan batal demi menjaga keamanan semua orang yang akan terlibat nantinya.

"Mengingat ketidakstabilan peristiwa dunia, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan MTV EMA 2023 karena ingin sangat berhati-hati bagi ribuan karyawan, anggota kru, artis, penggemar, dan mitra yang melakukan perjalanan dari seluruh penjuru dunia untuk pertunjukkan tersebut," pernyataan akun @mtvema dikutip People, pada Kamis malam (19/10/2023).

Pihak penyelenggara merasa bahwa saat ini bukan waktu yang tepat mengadakan perayaan secara global, di tengah peperangan yang terjadi di Jalur Gaza. Inilah yang membuat pembatalan MTV EMA tahun ini dilakukan.

"MTV EMA adalah peryaan tahunan musik global. Ketika kami menyaksikan peristiwa-peristiwa dahsyat yang terus terjadi di Israel dan Gaza, hal ini tidak terasa seperti sebuah momen untuk merayakan secara global. Dengan ribuan nyawa yang hilang, ia adalah momen berkabung," tuturnya.

Meski acara batal digelar, proses pemungutan suara atas musisi yang masuk nominasi akan tetap dilanjutkan. Para pemenang MTV EMA tahun ini akan tetap menerima piala kemenangan, tetapi tanpa adanya perayaan resmi.

Rekomendasi