Bisa Meredakan Stres, Psikolog Ungkap Manfaat Aroma Terapi Dapat Mempengaruhi Emosional

| 26 Oct 2023 16:15
Bisa Meredakan Stres, Psikolog Ungkap Manfaat Aroma Terapi Dapat Mempengaruhi Emosional
Diffuser Aromaterapi (Foto: Freepik/pvproductions)

ERA.id - Aroma terapi dipercaya bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, aroma terapi dapat mempengaruhi emosional, mereedakan stres, menengkan pikiran, dan menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini diungkapkan langsung oleh dr. Irma Gustiani, Self-Growth Psikolog dalam acara konferensi pers ARUMI 'Harmoni Sensori'. dr. Irma mengatakan aroma terapi dapat membuat suasana hati lebih tenang.

"Tubuh kita ini dari ujung rambut sampai kaki syaraf semua. Apa yang dirasakan, lihat, cium itu mengajak otak kerjasama. Indra penciuman ini bagian sejarah," ujar dr. Irma Gustiani, saat ditemui di Jl. Senen Raya No.135, Jakarta Pusat pada Kamis (26/10/2023).

"Ini membawa ke pusat emosi. Aroma terapi membuat suasana hati refleksi dan semangat. Harmoni sensori membawa emosi jadi lebih semangat. Jadinya, konsentrasi berpengaruh banget," lanjutnya.

Konferensi pers ARUMI
Konferensi pers ARUMI 'Harmoni Sensori' (Foto: Era.id/Adelia)

dr. Irma juga meminta pengguna mobil menggunakan aroma terapi yang wanginya membuat rileks dan nyaman saat terjebak macet.

"Aroma terapi membuat lebih tenang, meski di mobil tetap kesal karena macetnya. Dikejar deadline tetap ada, tapi ini sifatnya refleksi. Kita bisa mengambil keputusan logis nantinya," bebernya.

Aroma terapi mencerminkan keyakinan hidup, bukan hanya tentang apa yang dilihat atau didengar. Tetapi, juga tentang apa yang dirasakan, termasuk indra penciuman. 

Aroma terapi mempunyai kekuatan membawa kita dalam suasana hati dan memori tertentu, sehingga mendalamnya pengaruh aroma membentuk penglaman hidup yang berbeda.

"Banyak banget jurnal membahas aroma dengan perilaku manusia. Ada satu jurnal mengatakan indra penciuman merupakan bagian tubuh yang punya sejarah penting dalam kehidupan manusia," tuturnya.

"Aroma tubuh punya sejarah penting manusia, karena mengingat hal-hal penting dalam hidup, dari baby sampai sekarang punya memori wewangian. Itu membawa kebahagiaan. Kita fokus dengan  wewangian yang membuat emosi kita positif," lanjutnya.

Apabila seseorang sedang stres, jenuh dan depresi, bisa gunakan minyak aroma terapi untuk menyegarkan pikiran dan membangkitkan semangat kembali.

"Ini self love basic care banget. Kita merawat diri dan menghirup sesuatu yang punya rasa tertentu. Itu nanti seluruh tubuh bekerja sesuai dengan apa yang kita cium," paparnya.

"Jadi relax iya, refresh pasti, kita juga pasti energize dan jauh lebih romantis dengan pasangan." lanjutnya.

Rekomendasi