Minta Maaf karena Kampanye Prabowo dan Mulan Jameela Saat Manggung di Area Markas TNI, Ahmad Dhani: Saya Melanggar Etika

| 26 Oct 2023 15:50
Minta Maaf karena Kampanye Prabowo dan Mulan Jameela Saat Manggung di Area Markas TNI, Ahmad Dhani: Saya Melanggar Etika
Ahmad Dhani dan Gibran (Foto: Instagram/@ahmaddhaniofficial)

ERA.id - Musisi Ahmad Dhani meminta maaf karena sudah melakukan kampanye calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan istrinya, Mulan Jameela saat Dewa 19 manggung di area markas TNI. Ia menyadari kesalahannya yang sudah melanggar etika.

Suami Mulan Jameela menyampaikan video permintaan maaf melalui unggahan video di Instagram pribadinya. Ahmad Dhani menyadari dirinya salah karena mengkampanyekan Menteri Pertahanan sebagai Presiden 2024. 

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Teman-teman, guys, dan semuanya, terutama jajaran Angkatan Udara Republik Indonesia, saya ingin mengucapkan kata maaf, serta permintaan maaf," ujar Ahmad Dhani, dikutip dari unggahan akun Instagram @ahmaddhaniofficial.

Lebih lanjut, pencipta lagu "Separuh Nafas" ini menyadari sudah melanggar etika saat kampanye Prabowo Subianto. Seharusnya, ia bersikap netral dalam Pemilu saat manggung di area markas TNI.

"Karena kemarin di Tasikmalaya, saya telah melanggar etika yang seharusnya saya tidak boleh lakukan, yaitu mengkampanyekan Prabowo presiden di daerah militer, khususnya Angkatan Udara yang seharusnya menjadi daerah netral," jelasnya.

Selain itu, mantan suami Maia Estianty ini juga menyadari kesalahannya yang sudah mengkampanyekan istrinya Mulan Jameela untuk maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra.

"Juga saya mengkampanyekan istri saya sebagai caleg daripada Partai Gerindra di Garut dan Tasikmalaya, saya anjurkan untuk mencoblos. Seharusnya nggak boleh, karena itu daerah militer yang seharusnya netral," bebernya.

Musisi berusia 51 tahun ini kembali menyampaikan permintaan maafnya lagi. Ahmad Dhani berjanji tidak mengkampanyekan di lingkungan Angkatan Udara.

"Apa pun itu saya minta maaf dan saya berjanji saya tidak akan melakukan lagi, mengkampanyekan Prabowo di lingkungan Angkatan Udara. Mohon maaf sekali lagi, saya tidak akan melakukannya lagi," tuturnya.

Ayah Al Ghazali ini menyampaikan permintaan maafnya kepada Danalud Tasikmalaya, Kepala Staf Angkatan Udara di Mabes, dan seluruh jajaran panglima TNI. 

"Mohon maaf saya tujukan kepada Bapak Danlanud Tasikmalaya, juga langsung Kepala Staf Angkatan Udara di Mabes, juga langsung Panglima TNI di jajaran pemerintahan Bapak Jokowi. Mohon maaf sekali lagi. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh," tutupnya.

Diketahui, Ahmad Dhani melakukan kampanye politik di kawasan militer. Ia menyuruh para penonton untuk memilih Prabowo sebagai presiden 2024. Tak hanya itu, Ahmad Dhani meminta penonton agar memilih Mulan Jameela yang maju sebagai caleg. Aksinya lakukan di tengah konser Dewa 19 di sebuah lapangan di wilayah Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadianata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/10/2023) lalu. Sesuai aturan, TNI harus netral dan semua kompleks TNI terlarang untuk segala bentuk kampanye politik.

Rekomendasi