Wamenparekraf Optimis Gaya Hidup Vegan Dapat Tingkatkan Perekonomian

| 26 Jan 2024 12:00
Wamenparekraf Optimis Gaya Hidup Vegan Dapat Tingkatkan Perekonomian
Wamenparekraf RI Angela Tanoesoedibjo bersama salah seorang pelaku usaha di bidang kuliner "vegan" di "Vegan Festival", di salah sati mal di Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024) malam. ANTARA/Ananto Pradana.

ERA.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyatakan gaya hidup "vegan" mampu menghadirkan potensi perekonomian yang menjanjikan bagi para pelaku usaha kuliner.

"Kami lihat potensi yang ditimbulkan dari gaya hidup ini bisa menumbuhkan perekonomian signifikan, karena masyarakat mulai mengadopsi vegan lifestyle," kata Angela seusai menghadiri acara bertajuk "Vegan Festival" yang digelar di salah satu mal di Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024), dikutip dari Antara.

Sejauh ini, menurutnya, Bali menjadi destinasi yang sudah diakui sebagai daerah ramah bagi masyarakat yang menerapkan gaya hidup vegan.

"Bali sendiri diakui salah satu destinasi wisata ramah pelaku vegan lifestyle," ucapnya.

Wamenparekraf juga menyebut Surabaya punya potensi serupa dan diharapkan bisa menjadi area tujuan wisata ramah bagi para penggiat vegan.

Lebih lanjut, menurutnya, butuh peran banyak pihak dalam mengembangkan potensi dari munculnya gaya hidup vegan, salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner agar mampu berinovasi memproduksi produk olahan sayuran.

"Kuliner ke depannya bisa dikembangkan sampai pada aspek kuliner untuk vegan," ucapnya.

Angela juga berpesan inovasi tak sekadar memperhatikan kualitas rasa maupun cara pengemasan saja, tetapi harus dibarengi pengetahuan pelaku usaha soal kandungan nutrisi pada produk yang ditawarkan.

"Terus tingkatkan inovasi dan standarisasi agar mampu menciptakan produk dengan standar yang bernutrisi, sehingga masyarakat bisa melirik dan menyukai vegan lifestyle," kata dia.

Ia juga mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, salah satunya memperbanyak gelaran bersama pelaku usaha kuliner yang spesialisasi memproduksi produk vegetarian.

Rekomendasi