Tak Capai Kesepakatan, Lagu Musisi UMG Taylor Swift hingga Billie Eilish Resmi Dicabut dari TikTok

| 02 Feb 2024 09:45
Tak Capai Kesepakatan, Lagu Musisi UMG  Taylor Swift hingga Billie Eilish Resmi Dicabut dari TikTok
Taylor Swift dan Billie Eilish (Instagram)

ERA.id - Universal Music Group (UMG) resmi menarik seluruh lagu musisi yang bernaung di bawah mereka dari platform TikTok. Penarikan lagu tersebut dilakukan per 1 Februari 2024, setelah kontrak kerja sama resmi berakhir pada 31 Januari 2024.

Dengan demikian, musik resmi dari Taylor Swift, The Weeknd, Coldplay, SZA, Drake, Billie Eilish, Ariana Grande, Justin Bieber, Sting, U2, dan Bad Bunny sudah tidak ada lagi di TikTok.

Adapun penarikan lagu tersebut dilakukan karena pihak UMG dan TikTok tidak mencapai kesepakatan bersama untuk kontrak baru. Gagalnya kesepakatan tersebut karena masalah royalti, kompensasi artis, hingga isu artificial intelligence (AI).

Pada keterangan resminya, UMG mengklaim bahwa TikTok berusaha menindas perusahan mereka untuk membuat kesepakatan dengan nilai lebih rendah dari perjanjian sebelumnya.

Namun, pihak TikTok mengklaim bahwa mereka sudah membuat kesepakatan yang mengutamakan para artis. TikTok pun menuding bahwa pihak UMG yang serakah mementingkan diri sendiri dibanding artis sehingga kesepakatan baru tidak tercapai.

"TikTok telah mampu mencapai kesepakatan mengutamakan artis dengan label dan penerbit lainnya. Jelas sekali tindakan Universal yang mementingkan diri sendiri bukanlah demi kepentingan artis, penulis lagu, dan fan," pernyataan TikTok, dilansir dari Variety.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan Era.ID, lagu-lagu milik artis UMG memang sudah resmi ditarik dari TikTok, yang berdampak pada artis sendiri. Diketahui, lagu Taylor Swift yang digunakan di video akunnya sendiri kini sudah senyap.

Tak hanya itu, kejadian ini juga berdampak pada pengguna TikTok lainnya. Para pengguna yang mengunggah video menggunakan lagu artis UMG seluruh videonya kini sudah disenyapkan karena berkaitan dengan masalah hak cipta.

Rekomendasi