Tren Konsumsi Konten Audio di Kalangan Gen Z dan Milenial Selama Bulan Ramadan

| 17 Mar 2024 21:30
Tren Konsumsi Konten Audio di Kalangan Gen Z dan Milenial Selama Bulan Ramadan
Ilustrasi Gen Z menikmati konten audio (Freepik)

ERA.id - Memasuki bulan suci Ramadan, rutinitas harian sebagian besar masyarakat Indonesia terutama di kalangan Gen Z dan Milenial mengalami perubahan yang memengaruhi setiap aspek kehidupan, mulai dari jadwal kerja hingga interaksi sosial. 

Transformasi ini juga terlihat pada kebiasaan pendengar di Spotify. Platform audio streaming ini telah mencatat peningkatan yang signifikan pada waktu-waktu tertentu yang berkaitan dengan aktivitas sebelum dan setelah berbuka puasa.

Menurut data internal Spotify, streaming selama Ramadan cenderung terjadi mulai pukul 14.00-16.00 WIB menjelang Ngabuburit. Menariknya, platform audio tersebut mendapati terjadi peningkatan streaming yang signifikan pada pukul 05.00 WIB setelah sahur. 

Di waktu tersebut, pendengar lebih banyak mendengarkan konten podcast yang reflektif dan menenangkan hati. 

“Ramadan bukan hanya momen sakral untuk refleksi diri, tetapi juga waktu yang dipenuhi dengan tradisi dan kegembiraan. Memasuki bulan Ramadan, rutinitas kita mengalami perubahan yang cukup signifikan, mempengaruhi segala aspek mulai dari jam kerja hingga konsumsi sosial media dan kebiasaan streaming pada platform seperti Spotify,” ujar Cassandra Aprilanda, Spotify Indonesia. 

Setelah tarawih, para pendengar di Indonesia membuka malamnya dengan mendengarkan musik. Spotify juga mendapati bahwa pendengar Millenials dan Gen Z mendominasi sebagian besar streaming yang terjadi selama bulan Ramadan. 

Selain itu, ada lebih dari 40 juta playlist buatan pengguna dengan tema yang menyejukkan hati. 

“Peningkatan minat pada streaming konten Ramadan di Spotify menunjukkan pentingnya menyediakan konten yang beragam dan bermakna untuk menginspirasi pendengar sepanjang bulan suci ini. Melalui kekuatan audio, Spotify ingin membawa semangat Ramadan pada para pendengar di seluruh Indonesia,” tambah Cassandra. 

Di bulan penuh berkah ini, beberapa musisi dan kreator ikut serta dalam kampanye #RamadanbarengSpotify, salah satunya Nadhif Basalamah. Pelantun hit single ‘Penjaga Hati’ ini membagikan kebiasaannya mengonsumsi konten audio. 

“Selama Ramadan, aku mendengarkan lagu atau memainkan playlist yang berisi surat-surat pendek sembari menunggu waktu berbuka puasa di Spotify,” ujarnya. 

Sementara itu, Kunto Aji mengungkapkan bagaimana playlist Ramadan menjadi teman mudiknya, 

“Playlist Ramadan di Spotify mengiringi langkah-langkah kita dalam merayakan kebahagiaan Lebaran, membawa nuansa kehangatan dan kedamaian di setiap detiknya,” tuturnya. 

Sepanjang Ramadan 2024, pendengar dapat mendengarkan cerita pribadi dari Nadhif Basalamah, Kunto Aji serta artis dan kreator lainnya melalui playlist Spotify ‘On Aux’. 

Playlist ini memungkinkan artis, kreator, dan kurator untuk membuat mixtape yang terpersonalisasi, menjadikan playlist mereka lebih otentik.

Untuk keempat kalinya, playlist ‘Refleksi Diri’ di Spotify telah diperbarui dengan gabungan konten musik dan podcast lokal terbaik.

Playlist ini dapat ditemukan dalam Ramadan Hub, bersama dengan playlist musik Ramadan lainnya yang sudah diperbarui dan dikurasi secara spesial seperti ‘Penenang Hati’, ‘MendekatiNya’, ‘Ketupat Lebaran’, ‘Satu’ dan masih banyak lagi!

Ramadan Hub juga memiliki beragam konten mulai dari religi yang menyentuh jiwa sampai ke konten hiburan ringan. Pendengar dapat menjelajahi playlist podcast yang berisi episode spesial Ramadan seperti Nunggu Buka, Berkah Ramadan, dan Teman Mudik, dari berbagai kreator seperti Podkesmas, Mendoan, Kita & Waktu, GJLS, The Stories by Prambors Radio, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Rekomendasi