Minat Generasi Muda untuk Berangkat Haji Terus Meningkat

| 05 Apr 2024 05:40
Minat Generasi Muda untuk Berangkat Haji Terus Meningkat
Ilustrasi ibadah haji (ANTARA/Sultan Al-Masoudi/Handout via REUTERS/pri.)

ERA.id - Seiring berjalannya waktu, minat generasi muda untuk berangkat haji terus meningkat. Hal tersebut dikatakan oleh Digital Business Group Head Bank Mega Syariah, Sigit Suryawan. 

Sigit mengatakan, minat generasi muda untuk menunaikan ibadah haji semakin meningkat yang ditunjukkan dari jumlah rata-rata nasabah tabungan haji Bank Mega Syariah.

"Rata-rata nasabah tabungan haji Bank Mega Syariah berusia 23 sampai 25 tahun. Ini menunjukkan minat masyarakat untuk beribadah haji semakin meningkat di kalangan generasi muda," kata Sigit seperti dikutip Antara.

Belum lama ini, aplikasi mobile banking M-Syariah yang dirilis dan memungkinkan nasabah membuka tabungan haji secara online. 

Dalam waktu satu bulan setelah peluncurannya di akhir Januari 2024, kata Sigit, nasabah yang membuka tabungan haji telah mencapai lebih dari 1.500 nasabah.

Selain tabungan haji digital, bank tersebut juga memiliki dua produk haji lainnya yaitu tabungan haji dan tabungan haji anak. 

Hingga kuartal I 2024, Bank Mega Syariah mencatat volume tabungan haji tumbuh 3,99 persen secara tahunan (year-on-year) menjadi lebih dari Rp254 miliar dibandingkan kuartal I 2023.

Untuk meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji, Bank Mega Syariah menjalin kerja sama dengan pemberi referral, seperti kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), majelis taklim, universitas, sekolah, instansi pemerintah dan swasta, koperasi, BPRS, dan perorangan.

Sebelumnya pada beberapa waktu lalu, Direktur Utama Bank Mega Syariah Yuwono Waluyo mengatakan perseroan berfokus pada tabungan haji untuk meningkatkan dana pihak ketiga (DPK).

Total nasabah tabungan haji di Bank Mega Syariah pada 2023 naik sebesar 103 persen dibandingkan tahun 2022. Perseroan pun menargetkan hingga akhir tahun tabungan haji dapat tumbuh 64 persen secara tahunan.

Dalam hal ini, generasi muda juga lebih memilih perantara yang memudahkan pendaftaran haji, perseroan juga mendukung program wakaf dan ibadah lainnya seperti zakat.

Rekomendasi