Gen Z Mau Coba Investasi Emas Digital? Ini 5 Tipsnya

| 10 May 2024 14:50
Gen Z Mau Coba Investasi Emas Digital? Ini 5 Tipsnya
Ilustrasi investasi emas digital untuk Gen Z (Unsplash)

ERA.id - Investasi emas dapat menjadi salah satu pilihan Gen Z dalam mengelola finansial mereka. Investasi yang satu ini juga telah lama dikenal sebagai satu aset yang cukup menarik bagi Gen Z. 

Tapi kini bukan lagi emas dalam bentuk fisik melainkan emas digital. Dengan perkembangan teknologi, emas digital menjadi opsi yang menarik dan dapat diakses oleh generasi Z dengan lebih mudah. 

Tips investasi emas digital untuk Gen Z

Ada beberapa tips ketika Gen Z ingin investasi emas digital biar lebih cuan. 

Berikut tipsnya, seperti disampaikan Esther Napitupulu, Brand Manager Lakumas dalam konferensi pers Re-opening Butik Lakuemas di Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini. 

1. Menyisihkan uang bukan menyisakan

Mungkin jika sejauh ini menginvestasikan sesuatu dilakukan dengan menyisakan uang dari hasil pendapatan, maka hal itu adalah hal yang keliru. 

Pada dasarnya, investasi perlu dilakukan dengan menyisihkan uang. Cara ini digunakan agar Gen Z tidak kebingungan mengelola keuangan untuk investasi atau kebutuhan pribadi. 

"Pokoknya terima gaji, sisihkan uang dan nabung emas dulu. 

2. Dilakukan dengan konsisten

Mirip seperti investasi lainnya, pada emas digital juga perlu dilakukan secara konsisten biar semakin cuan. 

Ingatlah, emas merupakan jenis investasi yang nilainya naik terus seiring waktu. Ketika dilakukan secara konsisten, hasilnya akan lebih terasa untung. 

"Percuma jika sudah disisihkan tapi tidak dilakukan secara konsisten. Perlu dipahami, investasi emas itu bentuknya jangka panjang dan harus diperhatikan perkembangannya juga," papar dia. 

3. Perhatikan harga emas secara berkala

Meski secara umum nilai emas cenderung naik dari waktu ke waktu, namun karena beberapa kondisi harganya juga bisa turun. 

Investor muda tampaknya perlu memerhatikan fluktuasi harga emas berkala untuk bisa mengambil keputusan apakah mau membeli emas digital baru di saat harga emas turun atau menjualnya di saat harga emas tinggi. 

Esther Napitupulu menjelaskan tips investasi emas untuk anak muda (Dok. Lakuemas)
Esther Napitupulu menjelaskan tips investasi emas untuk anak muda (Dok. Lakuemas)

4. Bersabar

Jangan berharap investasi emas akan menuntungkan dalam jangka pendek, sebab emas baru bisa terlihat "cuan-nya" ketika sudah ditabung minimal dua hingga tiga tahun. 

Semakin lama dan konsisten investasi, justru nilainya akan lebih tinggi jika dibandingkan saat pertama beli.

"Jangan berharap beli sekarang besok dijual, itu pasti rugi. Emas akan kelihatan untungnya ketika sudah 3 sampai empat tahun," pungkasnya. 

5. Memakai uang dingin

Uang dingin yang dimaksud ini adalah uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan uang hasil pinjaman. Investasi emas digital dengan uang dingin ini bertujuan agar tidak mengganggu kondisi keuangan kita. 

Rekomendasi