6 Artis yang Memberi Dukungan Nyata untuk Jerinx

Tim Editor

Jerinx dapat banyak dukungan dari teman artis.

ERA.id - Majelis hakim  Pengadilan Negeri Denpasar, Bali yang diketuai oleh Ida Ayu Adnya Dewi menjatuhkan vonis terhadap terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx, dengan pidana penjara selama satu tahun dan dua bulan dan pidana denda sejumlah Rp10 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan.

Dalam amar putusannya, majelis hakim mengatakan bahwa terdakwa I Gede Ary Astina terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok masyarakat tertentu, berdasarkan asas antargolongan. 

Sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 ayat (2) Jo. Pasal 45A ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Jerinx dinyatakan bersalah menyebarkan informasi yang ditujukkan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok masyarakat tertentu di media sosial. Sepanjang kasus Jerinx berlangsung dari persidangan awal hingga akhir, banyak selebriti yang memberikan dukungan untuk Jerinx.

Era.id merangkum setidaknya ada 6 artis yang memberikan dukungan nyata untuk Jerinx. Berikut daftarnya.

1. Anji

Anji hadir di sidang putusan Jerinx. Selain memberi dukungan, Anji juga meminta masyarakat tak menilai Jerinx hanya satu sisi saja. Menurutnya, Jerinx merupakan sosok yang memiliki kepedulian tidak hanya peduli terhadap alam, tapi juga kemanusiaan di luar perkara ini.

"Kalau saya sih melihat di luar kasus ini, sangat peduli dengan kemanusiaan. Dan sering melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan gitu. Hal baik yang dilakukan untuk alam dan juga masyarakat gitu," pujian Anji untuk Jerinx.

2. Rina Nose

Rina Nose pernah datang ke Pengadilan Negeri Denpasar, Kota Denpasar, Bali pada Selasa (20/10/2020). Kedatangan Rina Nose bersama suaminya tersebut untuk memberikan dukungan kepada sahabatnya, Nora Alexandra yang merupakan istri terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx SID yang sedang menjalani sidang lanjutan kasus dugaan ujaran kebencian/pencemaran nama baik.

3. Rio Dewanto

Rio Dewanto turut memberikan dukungan moral kepada Jerinx. Rio Dewanto mengunggah gambar Jerinx di akun instagramnya. Dia pun ikut menggaungkan tagar #bebaskanJRXSID dan #sayabersamaJRX.

Hal tu terungkap dari postingan terbaru Rio Dewanto di instagram. Meskipun mendapat banyak komentar negatif, Rio tetap mendukung Jerinx. 

4. Kemal Palevi

Tak cuma Rio, Komika Kemal Palevi juga ikut memberikan dukungannya pada Jerinx SID melalui akun Instagram pribadinya. Kemal Palevi membagikan poster #BebaskanJRXSID.

Kritik juga disampaikan oleh Kemal Palevi dalam postingannya tersebut. "Ketika yang nyiram air keras cuma setahun, yang beropini dan mengkritik 6 tahun. Pencemaran nama baik katanya. Hmmm. “Jika opini masuk bui, maka demokrasi hanya narasi” #bebaskanjrxsid #sayabersamajrx !!"

5. Tamara Bleszynski

Tinggal di Bali, Tamara Bleszynski sangat perhatian pada kasus yang menimpa Jerinx. Tamara Bleszynski juga memberikan dukungannya pada Jerinx SID dengan menuliskan kritik untuk kasus ini di akun Instagram pribadinya.

"Aku bukan Dokter dan aku berbagi kasih dgn maskerku. Kalau kau memang dokter sejati, kau akan mengerti akan mental health...dan Mudah2an kamu mengerti bahwa disaat2 sulit seperti ini tidak semua seluasmu. Ku harap dan memohon maafmu. 6 Tahun tidak berimbang."

"Kesehatan mental adalah yg terpenting utk saat ini, bukan egomu karena merasa dihina. Kalau tak bisa melihat itu...artinya kamu perlu meditasi. Karena kalau kamu masih tersingung berarti kamu Mungkin belum begitu paham akan mental health."

"Memalukan dan sgt pilu dihati ketika sebuah organisasi kesehatan, menahan org yg justru butuh dibimbing Kesehatan Mentalnya. Enam (6) tahun penjara?? Yg bener aja. Sekejam itukah dunia kesehatan kita sekarang ini?"

6. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani memang tak secara langsung menunjukkan dukungannya untuk Jerix. Namun, Nikita memberi perhatian pada istri Jerinx, Nora Alexandra. Dukungan ini dibagikan langsung oleh Nora Alexandra dalam sebuah unggahan di Instagram story-nya.

"Saya bangga selalu diberi support oleh dua wanita tangguh, ibu @fitri_salhuteru dan mami @nikitamirzanimawardi_17, mami Niki juga akan menjadikan Nora Brand Ambassador Lip Serumnya, Terima kasih mami Niki rezekynya," tulis Nora.

 

Tag: nikita mirzani Jerinx SID Jerinx

Bagikan: