Genre Musik Mana yang Kamu Suka? Pilihanmu Ungkap Karaktermu yang Sesungguhnya

| 11 Apr 2021 07:00
Ilustrasi mendengarkan musik (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

ERA.id - Musik memainkan peran penting dalam kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Itulah sebabnya banyak orang bertanya-tanya faktor individu apa yang mungkin memengaruhi preferensi musik. Mungkinkah isi playlist musik bisa mengungkapkan sesuatu tentang kepribadianmu?

Studi skala besar yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Heriot-Watt mengamati lebih dari 36 ribu peserta dari seluruh dunia. Peserta diminta untuk menilai lebih dari 104 gaya musik yang berbeda selain menawarkan informasi tentang aspek kepribadian mereka.

Menurut peneliti Adrian North, alasan mengapa orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka, mungkin terkait dengan seberapa banyak hal itu berkaitan dengan sikap dan kepribadian.

North menyarankan agar orang mendefinisikan diri mereka sendiri melalui musik dan menggunakannya sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain. Penelitiannya menunjukkan hubungan yang sering dibuat orang antara siapa mereka sebagai individu dan selera musiknya.

Dilansir dari Very Well Mind pada Minggu, (11/4/2021), pilihan genre musik ternyata bisa sedikit dijelaskan artinya. Seberapa besar pilihan musik mempengaruhi kepribadianmu? 

1. Musik pop

Man Sitting on Guitar Amplifier Playing Electric Guitar
Ilustrasi musik (Foto: Pexels/Clem Onojeghuo)

Penggemar musik pop, cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Sementara pecinta musik pop lebih lawas menggambarkan sosok pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi. Para peneliti menyarankan mereka cenderung kurang kreatif dan lebih gelisah.

2. Musik Rap dan Hip / Hop

Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap lebih agresif atau kasar, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu. Penggemar rap memang cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya supel.

3. Musik country

Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan supel. Meskipun lagu country sering kali berpusat pada patah hati, orang yang tertarik pada genre ini cenderung sangat stabil secara emosional. Mereka juga cenderung lebih konservatif dan memiliki peringkat yang lebih rendah dalam sifat keterbukaan terhadap pengalaman.

4. Musik Rock / Heavy Metal

Terlepas dari citra agresif proyek musik rock dan heavy metal, para peneliti menemukan penggemar gaya musik ini biasanya cukup lembut. Mereka cenderung kreatif, tetapi seringkali tertutup dan mungkin menderita karena harga diri yang rendah.

5. Musik Indie

man playing electronic keyboard on stage
Ilustrasi musik (Foto: Unsplash/Hans Eiskonen)

Penggemar genre indie biasanya introvert, intelektual, dan kreatif. Menurut peneliti, mereka juga cenderung kurang pekerja keras dan kurang lembut. Kepasifan, kecemasan, dan harga diri rendah adalah karakteristik kepribadian umum lainnya.

6. Musik Dance

Menurut peneliti, orang yang menyukai musik dance biasanya supel dan tegas. Mereka juga cenderung menempati peringkat tinggi dalam sifat keterbukaan terhadap pengalaman, salah satu dari lima ciri kepribadian utama. Orang yang lebih menyukai musik elektronik yang serba cepat juga cenderung mendapat peringkat rendah dalam hal kelembutan.

7. Musik klasik

Foto stok gratis biola, musik, musik klasik
Ilustrasi musik (Foto: Pexels/Marina Luchina)

Pecinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitarnya. Mereka kreatif dan memiliki rasa harga diri yang baik.

8. Musik Jazz, Blues, dan Soul

Orang yang menyukai musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrovert dengan harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

Rekomendasi