Berprestasi dan Menginspirasi, 4 Wanita Ini Layak Disebut Kartini Masa Kini

Najwa Shihab (Instagram/@najwashihab)

ERA.id - Setiap tahunnya pada tanggal 21 April, Indonesia selalu memperingati hari tersebut sebagai Hari Kartini. Kartini merupakan wanita yang dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita di Indonesia. 

Perjuangan dari Ibu Kartini agar seluruh perempuan Indonesia memiliki hak yang sama seperti laki-laki, mulai dari sekolah tinggi dan bekerja nyatanya membuahkan hasil yang sangat manis di era saat ini. Kini banyak sekali sosok wanita hebat dan menginspirasi yang disebut sebagai sosok Kartini di masa kini.

Siapa sajakah wanita-wanita itu? Yuk, ini dia versi Era.id.

1. Sri Mulyani

(Sri Mulyani: IG @smindrawati)

Siapa yang tak mengenal sosok Sri Mulyani? Wanita yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia merupakan salah satu wanita yang menginspirasi, yang sudah menorehkan prestasi. Perempuan kelahiran Bandar Lampung ini memulai kariernya sebagai seorang pengamat ekonomi, yang memiliki pemikiran dan strategi luar biasa dalam menstabilkan ekonomi. 

Sebelum menjadi Menteri Keuangan di pemerintahan Presiden Joko Widodo, Sri Mulyani sudah menjadi Menteri Keuangan juga di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2005 lalu. Sri juga sempat menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank), yang menjadikannya wanita Indonesia pertama yang menjabat posisi tersebut.

Dengan segudang prestasi yang diraihnya, tak heran beliau dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh perinkat ke-38 di dunia pada tahun 2014, dan menteri terbaik dunia pada tahun 2018 lalu.

2. Susi Pudjiastuti

(IG @susipudjiastuti15)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini juga merupakan wanita yang disebut sebagai sosok Kartini di masa kini. Perempuan yang berusia 56 tahun ini juga memiliki segudang prestasi yang sudah ditorehkannya, meskipun ia hanyalah seorang lulusan SMP. 

Selain jadi menteri, beliau merupakan seorang pengusaha sukses di bidang perikanan dan juga pemilik maskapai penerbangan Susi Air. Berkat usaha dan kerja keras, Susi mampu membuktikan bahwa meski ia hanya berpendidikan rendah, dirinya mampu bersaing dnegan orang lain dan mencapai kesuksesan. 

3. Tri Rismaharini

(IG @tri_risma_harini_)

Wanita yang akrab disapa dengan Ibu Risma ini juga sosok Kartini masa kini yang memberikan inspirasi banyak orang. Ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, rendah hati, dan merakyat.

Selama menjabat sebagai walikota Surabaya selama dua periode, Risma mampu membawa kota tersebut ke arah yang lebih baik dan cukup dipandang di Indonesia maupun dunia. Bahkan berkat dirinya, Surabaya mampu meraih penghargaan sebagai Kota Adipura selama empat tahun berturut-turut.

Meski sudah usai menjabat di Surabaya, kini Risma sudah menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia.

4. Najwa Shihab

Sosok Kartini Indonesia masa kini selanjutnya adalah Najwa Shihab. Perempuan yang lahir di Kota Makassar ini dikenal sebagai seorang jurnalis yang cerdas dan selalu menyampaikan pendapatnya maupun pertanyaannya dengan lugas dan tajam. 

Dengan pemikiran yang cerdas dan cara bicaranya yang begitu bagus, tak heran Najwa dianggap sebagai salah satu sosok inspirasi untuk wanita di Indonesia. Kini, selain menjadi jurnalis, Najwa juga sudah berkarier sebagai seorang pengusaha dengan mendirikan Narasi TV, saluran penyiaran yang memproduksi berbagai jenis konten menarik. 

Itulah 4 wanita yang disebut sebagai sosok Kartini Indonesia masa kini. Jadi, di antara semuanya yang mana idola kamu nih?

Tag: hari kartini Najwa Shihab wanita inspiratif

Bagikan: