Menghias Teras Rumah Jadi Lebih Estetik, 5 Tanaman Rambat yang Cantik dan Instagramable

| 21 May 2021 08:05
Menghias Teras Rumah Jadi Lebih Estetik, 5 Tanaman Rambat yang Cantik dan Instagramable
Tanaman rambat (Foto: Instagram/@ipavemelbourne) tanaman rambat

ERA.id - Salah satu cara untuk memperindah taman rumah atau bagian eksterior hunian adalah menempatkan tanaman rambat di dinding luar rumah. Tak hanya mempercantik, tanaman merambat menciptakan dinding yang teduh dan kesejukan dari terik matahari. 

Salah satu contoh yang paling populer adalah tanaman rambat dinding yang diaplikasikan untuk hiasan eksterior maupun interior. Selain itu, tanaman rambat cocok menjadi spot foto. 

Tanaman rambat sendiri memiliki banyak kategori. Dari berbagai jenis tanaman hias rambat, ada lima jenis yang kami rekomenasikan untukmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tanaman rambat yang cantik dan Instagramable.

1. Climbing Fig atau Tanaman Rambat Dolar

Ficus pumila green leaves wall background texture Premium Photo
Climbing fig (Foto: Freepik/phawat)

Climbing Fig atau Tanaman Rambat Dolar banyak dijumpai merambat di dinding-dinding rumah. Tanaman ini memiliki warna hijau cerah dan mengkilap. Sehingga, memberikan rasa sejuk dan segar untuk rumahmu. Kamu bisa melatih sulur di sepanjang bentuk atau membiarkannya memanjat melewati dinding seperti sulur kecil yang berkelok-kelok. 

2. Bunga Telang

Bunga telang (Foto: Instagram/@anasentika)
Bunga telang (Foto: Instagram/@anasentika)

Bunga telang adalah tanaman merambat yang biasanya banyak ditemukan di kebun atau tumbuh secara liar. Namun, belakangan ini banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa menjadi penghias pagar atau tembok halaman. Tak hanya itu, beberapa tanaman rambat bahkan memiliki bunga yang cantik. 

3. English Ivy

English Ivy (Foto: Pexels/Pixabay)
English Ivy (Foto: Pexels/Pixabay)

English ivy adalah tanaman hias merambat. Biasanya english ivy tumbuh jatuh dengan daun-daunnya menjuntai cantik. English ivy juga bisa menyaring udara kotor dalam rumah. Selain itu, english ivy mudah dirawat, cukup pastikan tanahnya selalu lembab. English ivy secara alami menumbuhkan dinding dengan mengirimkan sulur tipis ke dalam retakan, berpegangan erat sementara sulur luar terus tumbuh dan menghasilkan daun.

4. Sirih Gading

Sirih gading (Foto: Instagram/@madurazulkafli)
Sirih gading (Foto: Instagram/@madurazulkafli)

Sirih Gading adalah tanaman hias merambat dengan daun berbentuk hati ini tumbuh subur di dalam ruangan dengan sedikit cahaya dan sedikit air. Sirih gading juga dapat menahan suhu yang bervariasi, sehingga menghasilkan dedaunan kuning-marmer yang melimpah. Daun sirih gading yang berwarna cerah akan tumbuh dengan cepat menjadi daun berwarna hijau yang cantik.

5. Baby's tears

Baby
Baby's tear (Foto: Instagram/@hyul0507)

Tanaman baby's tears cenderung tumbuh ke atas, kemudian lama-kelamaan baby's tears akan terlihat seperti gerombolan daun yang melingkar. Agar tanaman ini semakin rimbun dan lebat, pemilik perlu rajin melakukan pemangkasan pemotongan pada cabang-cabangnya sehingga tampak rapi. Tanaman dengan pertumbuhan rendah yang mengeluarkan tampilan seperti lumut namun sangat cocok untuk tampilan dinding.  

Rekomendasi