Sering Timbulkan Kontroversi dan Tebar Fitnah, 3 YouTuber Garo Sero Institute Akhirnya Diciduk Polisi

| 09 Sep 2021 11:00
Sering Timbulkan Kontroversi dan Tebar Fitnah, 3 YouTuber Garo Sero Institute Akhirnya Diciduk Polisi
YouTuber Garo Sero Institute ditangkap (Dok: YouTube)

ERA.id - Tiga YouTuber Garo Sero Institute akhirnya diciduk polisi setelah 10 jam melakukan negosiasi. Sebanyak 20 petugas polisi dikerahkan untuk menciduk tiga YouTuber kontroversial tersebut.

Menurut laporan SBS News, Kim Yong Ho, Kang Yong Suk, dan Kim Se Ui dari Garo Sero Institute diringkus oleh pihak kepolisian pada Selasa (7/9/2021). Proses penangkapan tersebut berlangsung selama 10 jam setelah polisi gagal melakukan negosiasi.

Proses negosiasi itu dilakukan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi pihak Garo Sero Institute justru memilih untuk mengunci pintu kantor dan menolak untuk melakukan pemeriksaan.

Pihak kepolisian pun akhirnya memutuskan untuk mendobrak pintu dan menangkap Kang Yong Suk dan Kim Se Ui secara paksa. Bahkan dalam penangkapan ini, kepolisian mengerahkan pasukan sebanyak 20 personel.

YouTuber Garo Sero Institute ditangkap (Dok: YouTube)
YouTuber Garo Sero Institute ditangkap (Dok: YouTube)

Sementara itu Kim Yong Ho berhasil diamankan di lokasi yang berbeda pada hari yang sama. Kim Yong Ho diringkus polisi saat dia berada di depan rumahnya.

Ketiga YouTuber Garo Sero Institute ditangkap atas 10 tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah di dunia maya. Ketiganya sempat dipanggil oleh penyidik berkali-kali atas laporan korban yang berbeda, tetapi mereka selalu menolak setiap menerima panggilan. Akibatnya penyelidikan pun merilis surat penangkapan mereka yang berhasil dieksekusi pada Selas (7/9/2021).

Garo Sero Institute sebelumnya bertanggung jawab atas kontroversi yang melibatkan banyak artis papan atas, termasuk fitnah terhadap putri mantan sekretaris presiden senior, Cho Guk dan putri seorang mentri, Lee In Young.

Saluran YouTube tersebut juga bertanggung jawab atas fitnah dan pencemaran nama baik Yoo Jae Suk, Jun Ji Hyun, Choi Joon Hyuk, Seo Ye Ji, hingga yang terbaru Han Ye Seul.

Baru-baru ini, Kim Yong Ho mengumumkan pengunduran dirinya secara resmi dari saluran tersebut, sambil menyebut dirinya sebagai "monster" dalam sebuah video yang dipenuhi air mata.

Rekomendasi