Jangan Buru-Buru Langsung Dimasukan, Ingat 10 Bahan Makanan Ini Tidak Harus Kamu Simpan di Kulkas

Tim Editor

Kulkas (Foto: Pexels/Max Vakhtbovych)

ERA.id - Ketika berbicara tentang buah-buahan, sayuran, dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya, insting pertama adalah mencari bahan makanan yang bisa disimpan semuanya di lemari es agar tetap segar. Kenyataannya, tak semua bahan makanan bisa disimpan di kulkas.

Beberapa makanan, seperti wortel, beri, dan sebagian besar keju itu kurang tepat di taruh di kulkas. Suhu dingin dan kelembaban lemari es dapat berdampak negatif pada beberapa produk segar dan bahan makanan. Rak mungkin saja memberikan suasana yang sempurna bagi belanjaan untuk berkembang, jadi jangan selalu tergoda untuk membuka pintu lemari es.

Jaga agar makanan tetap segar dan lezat, baik itu di dalam dan di luar lemari es. Tak semuanya bisa disimpan, ada sejumlah bahan makanan tak bisa disimpan di kulkas. Berikut 10 bahan makanan tak perlu disimpan di kulkas, seperti dilansir dari Southern Living.

1. Tomat

Tomat (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)
Tomat (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Hasil tangkapan tomat segar ada di konter, bukan di lemari es. Suasana dingin dan lembap di dalam lemari es dapat memengaruhi tekstur tomat sebelum sempat menggunakannya. Pastikan untuk menjauhkan tomat dari sinar matahari langsung. Tomat ceri adalah satu-satunya varietas yang cenderung tahan lama di lemari es tanpa menjadi lembek atau bertepung terlalu cepat.

2. Bawang

Sebagian besar jenis bawang (seperti kuning, putih, dan manis) paling baik disimpan pada suhu kamar, lebih disukai di dapur dari sinar matahari langsung dan jauh yang berasal sisa panas dari kompor atau oven. Ini juga lebih baik untuk menyimpannya sendiri, alih-alih bersandar pada sayuran atau buah-buahan lain.


Jika bawang mulai berubah, itu tandanya mengeluarkan bau atau residu tidak enak. Setelah bawang dipotong, sisa bawang dapat disimpan dalam kantong atau wadah kedap udara di lemari es.

3. Kentang

Tidak ada alasan untuk menyimpan segala jenis kentang di lemari es. Dingin dan kering adalah cara yang tepat, jadi dapur adalah tempat terbaik, lebih disukai di keranjang atau kantong kertas. Suhu dingin cenderung mempengaruhi tekstur kentang dengan memecah pati, mengubahnya menjadi berpasir atau manis secara tidak sengaja.

4. Minyak

Minyak (Foto: Pexels/Pixabay)
Minyak (Foto: Pexels/Pixabay)

Minyak seperti minyak zaitun, minyak alpukat, atau minyak sayur bisa mengeras dalam suhu dingin. Sehingga, minyak mengeras memang tidak terlalu ideal ketika tiba saatnya untuk mulai memasak.

5. Pisang

Untuk rasa yang terbaik, pisang harus disimpan pada suhu kamar, terutama jika membutuhkan lebih banyak pematangan. Setelah pisang mulai berubah warna menjadi cokelat, gunakan segera seperti roti pisang atau bekukan untuk nanti. Ketahuilah bahwa pisang dapat menyebabkan buah-buahan di sekitarnya lebih cepat matang, jadi aturlah sesuai sebaik mungkin.

6. Kopi

Kopi harus dijauhkan dari kelembapan apa pun, jangan sampai kopi itu bisa dicetak atau merusak rasanya sebelum sempat menyeduh semuanya. Simpan dalam wadah kedap udara di meja atau di dapur. Ada beberapa perdebatan tentang menyimpan biji kopi di dalam freezer sebelum digiling untuk meningkatkan rasa, tetapi itu hanya berfungsi jika biji kopi disegel dengan benar dalam wadah kedap udara.

7. Madu

Madu (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)
Madu (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Suhu dingin dapat menyebabkan madu mengkristal lebih cepat daripada jika disimpan di tempat yang gelap dan sejuk seperti dapur. Perlu diingat bahwa seiring waktu, madu akan selalu mengkristal pada akhirnya.

8. Roti

Sementara lemari es dikatakan membantu menjaga roti agar tidak berjamur, kelembapan lemari es mengeluarkan uap air dari roti, meninggalkanmu dengan irisan hambar dan kering. Sebagai gantinya, simpan dalam freezer untuk mencairkan dan bersulang kapan pun diinginkan.

9. Alpukat

Kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat, kecuali kamu memiliki terlalu banyak alpukat untuk penggunaan mingguan, makanya simpan di suhu ruangan. Suhu dingin juga mengeraskan tekstur alpukat matang, yang mungkin tidak ideal bagi sebagian orang saat tiba waktu makan. Setelah dipotong terbuka, simpan bagian yang terbuka ke dalam kantong atau wadah di lemari es.

10. Bawang putih

Jika kamu ingin mengupas dan memotong sendiri, kemungkinan besar akan mengambil kepala bawang putih sebagai gantinya. Kepala (atau kenop) ini paling baik disimpan bersama bawang dan kentang di dapur yang sejuk dan gelap sampai membukanya. Setelah dipotong, simpan di lemari es.

Tag: makanan makanan berbahaya

Bagikan: