Bill Cosby Dinyatakan Bersalah atas Pelecehan Seksual Bocah di Bawah Umur Tahun 1975

Tim Editor

Bill Cosby (instagram/billcosbyis)

ERA.id - Aktor sekaligus pelawak Bill Cosby dinyatakan bersalah atas kasus pelecehan seksual tahun 1975. Cosby harus membayar ganti rugi sebesar USD500 ribu atau sekitar Rp7,4 miliar.

Juri di pengadilan sipil Santa Monica, California, memutuskan mendukung klaim Judy Huth atas pelecehan seksual yang dilakukan oleh Bill Cosby di tahun 1975. Cosby dinyatakan bersalah setelah melakukan pelecehan di Playboy Mansion ketika Huth berusia 16 tahun.

Selain dinyatakan bersalah, Cosby juga harus membayar uang ganti rugi sebesar USD500 ribu atau Rp7,4 miliar. Selama persidangan, juri menemukan bahwa Cosby sengaja menyebabkan kontak seksual yang berbahaya dengan Huth di tahun 1975.


"Klien saya berhak meminta Mr. Cosby bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan. Kalian masing-masing tahu di dalam hati bahwa Tuan Cosby melakukan pelecehan seksual terhadap Miss Huth," kata  Pengacara Huth, Nathan Goldberg, dikutip AP, Rabu (22/6/2022).

Kasus ini bermula dari Huth yang menuduh Cosby melecehkannya di kamar tidur di Playboy Mansion tahun 1975. Huth pun mengajukan gugatan perdata dan meminta ganti rugi lewat pengadilan di tahun 2014.

Dalam gugatan itu, Huth menuduh dia bertemu komedian itu pada tahun 1975 ketika dia dan seorang temannya berusia 17 tahun sedang menyaksikan syuting film di taman San Marino, Los Angeles. Menurut Huth, saat itu Cosby mendekati mereka dan meminta mereka untuk duduk bersamanya.

Setelahnya Cosby meminta mereka untuk menemuinya di sebuah klub dan memberikan mereka minuman alkohol. Tidak berhenti sampai di situ saja, Cosby juga membawa mereka ke Playboy Mansion hingga pelecehan seksual itu terjadi.

Cosby dituduh memasukkan tangannya ke bawah celana Huth, kemudian memperlihatkan dirinya dan memaksanya untuk melakukan hubungan seks. Pengacara Cosby setuju bahwa Cosby bertemu Huth dan teman SMA-nya di lokasi syuting film California Selatan pada bulan April 1975, kemudian membawa mereka ke Playboy Mansion beberapa hari kemudian.

Tetapi pihak Cosby membantah telah terjadi pelecehan seksual seperti yang dituduhkan oleh Huth. Begitu juga dengan Cosby yang membantah tuduhan itu lewat sebuah video yang diputar di pengadilan.

Sedikitnya sembilan dari 12 juri di pengadilan mendukung Huth dan memberikannya kemenangan. Kemenangan ini didapatkan oleh Huth setelah ia berjuang hampil delapan tahun dan mengalami banyak rintangan. Sayangnya selama putusan sidang, Cosby tidak hadir dan bersaksi secara langsung.

Juru bicara Cosby Andrew Wyatt mengatakan mereka akan mengajukan banding atas putusan tersebut dan dia mengklaim pembelaan menang karena Huth tidak memenangkan ganti rugi.

Tag: bill cosby pelecehan seksual bill cosby bersalah

Bagikan: