Heboh Penampakan Awan Bak Tsunami di Kota Meulaboh Aceh

| 10 Aug 2020 14:27
Heboh Penampakan Awan Bak Tsunami di Kota Meulaboh Aceh
Dok. Twitter

ERA.id - Warga Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dihebohkan dengan penampakan awan yang berbentuk bak gulungan ombak, pada Senin (10/8/2020) pagi. Awan yang menggulung kehitaman itu membentang dari Timur hingga Barat di Kota Meulaboh.

Awan yang berbentuk gulungan ombak besar bak tsunami diketahui bernama awan Arcus. Dikutip dari Wikipedia, awan Arcus merupakan formasi awan horizontal rendah, yang biasanya muncul sebagai awan aksesoris dari sebuah kumulonimbus. Awan gulung dan awan landas adalah dua jenis awan arcus.

Warganet ramai menanggapi fenomena tersebut. Mereka mendoakan semoga tidak ada kejadian yang menimpa kota Serambi Mekah itu. Pasalnya, fenomena kemunculan awan arcus itu sempat menghebohkan dan membuat masyarakat Meulaboh khawatir, karena sebelumnya cuaca disana sempat gelap saat awan tersebut muncul.

"Dan akhirnya membawa pikiran kembali PD tahun 2004 silam." tulis @Roel_Unoe.

Awan kumulonimbus adalah sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.

Hingga kini beluma ada informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait penampakan awan tersebut.

Tags : fenomena alam
Rekomendasi