Honda Hentikan Pengembangan Asimo

| 30 Jun 2018 10:08
Honda Hentikan Pengembangan Asimo
Asimo (Techcrunch)
Jakarta, era.id - Siapa yang tak kenal dengan robot humanoid buatan Honda, Advanced Step in Innovative Mobility atau Asimo. Ya meski terkenal, Honda baru saja mengumumkan untuk menghentikan projek pengembangan Asimo.

Selanjutnya, Honda akan fokus untuk menggunakan teknologi yang digunakan untuk membangun Asimo di produk lainnya. Honda telah mengembangkan Asimo sejak tahun 1980-an dan diperkenalkan ke publik pada tahun 2000.

"Jauh dari pensiun, Asimo akan terus tampil di lokasi di seluruh AS untuk menginspirasi anak muda dan mendorong mereka untuk memilih karir di STEM," ujar perwakilan Honda, seperti dikutip era.id dari TechCrunch, Jumat (29/6).

Supaya kalian tahu, Asimo merupakan robot humanoid pertama yang dapat berjalan dengan dua kaki. Enggak hanya bisa berjalan, Asimo dapat melakukan berbagai aksi sederhana mulai dari mengenali obyek bergerak, menentukan jarak dan arah obyek, memahami perintah suara dan gerakan manusia, dan mampu menavigasi secara mandiri berkat sensor di dalam tubuhnya.

Meski menghentikan proyek pengembangan Asimo, Honda memastikan bahwa tim robotiknya masih akan tetap aktif. Sebab di event CES 2018, Honda memperkenalkan empat robot terbarunya.

Keempat robot tersebut terdiri dari robot pendamping, kendaraan off-road otonom, dan dua robot konsep untuk membantu mobilitas yang semuanya hadir dengan tampilan yang lucu dan menggemaskan