Sefanatik Apa Sih Kamu Sama Klub Sepak Bola?

| 18 Jul 2018 16:27
Sefanatik Apa Sih Kamu Sama Klub Sepak Bola?
Ilustrasi: Presiden sekaligus fan Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovi (Twitter @akbarmangrio)
Jakarta, era.id - Ada banyak tipe pengemar sepak bola. Beberapa di antaranya bisa dibedakan dari kadar kecintaan mereka terhadap sebuah klub. Ada yang cenderung tidak peduli dengan tim yang sedang ditonton. Asalkan bikin deg-degan dan lompat-lompat, dia sudah cukup puas. Ada juga yang seperti medan magnet, dia dan klub saling tarik-menarik. 

Lalu, bagaimanakah seorang penggemar bola disebut fanatik? Berikut kami berikan 10 poin penting yang membuat kamu masuk ke dalam kategori ini. Boleh setuju, boleh tidak. 

1. Kamu mempunyai kamar khusus untuk menyimpan pernak-pernik klub sepak bola favoritmu.

2. Kamu hafal hari ulang tahun setiap pemain dari klub favoritmu dan klub apa saja yang pernah mereka bela sebelumnya.

3. Kamu memiliki seluruh jersey kandang dan tandang terhitung sejak awal mula kamu menyukai klub itu dan tidak mau menjualnya meski kamu benar-benar bangkrut.

4. Bisa bermain bola tidak diwajibkan, tapi menonton seluruh pertandingan klub favoritmu di televisi wajib hukumnya. Tak peduli ngantuk, capek, atau bahkan besok harus kuliah atau kerja pagi banget. Khusus untuk klub lokal, kamu wajib nonton di stadion.

5. Kamu menonton pertandingan klub lain hanya karena ada pemain pindahan dari klub favoritmu. Seperti Madridista yang menyaksikan aksi Ronaldo di Juventus misalnya.

6. Kamu menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengumpulkan artikel, foto, poster klub favoritmu dibandingkan untuk bekerja, sekolah, atau pacar.

7. Kamu hafal jumlah gol yang sudah dicetak pemain dari klub favoritmu. Bahkan bagian tubuh mana yang menjadi pencetak golnya, kamu benar-benar tahu.

8. Kamu bangkrut, tapi rajin ikut kuis di televisi yang menyiarkan pertandingan klub favoritmu dan mengirim sayembara ke majalah, tabloid, atau koran sepak bola agar bisa dapat hadiah uang untuk membeli tiket pertandingan dan pernak-pernik klub favoritmu.

9. Kamu bisa mengenali segera jika salah satu pemain dari klub favoritmu tampil dengan style yang tidak biasa selama pertandingan berlangsung. Misalnya, model rambut atau sepatu baru.

10. Saat kamu bermain bola, kamu selalu bergaya ala salah satu pemain dari klub favoritmu. Bahkan sepatu yang kamu pakai pun sama dengan pemain idolamu.

Tapi jika kamu tetap menggunakan sepatu sepak bola saat pergi ke sekolah, kampus atau kantor. Dan bahkan menyimpan tisu bekas makan dan sobekan baju idolamu, lupakan poin 1-10 di atas. Kamu bukan lagi fanatik, tetapi sudah terobsesi. Maka, segera pergi ke dokter!

Baca Juga : Penggemar Latah, Korban Budaya Viral 

Rekomendasi