Huawei Sindir Apple Soal Chipset Teknologi 7nm

| 22 Sep 2018 06:10
Huawei Sindir Apple Soal Chipset Teknologi 7nm
IPhone XR, XS, and XS Max (Foto: apple.com)
Jakarta, era.id - iPhone XS, XS Max dan XR punya chipset A12 Bionic yang disebut Apple sebagai chipset dengan proses pembuatan 7nm pertama di dunia. Tapi klaim itu langsung dibantah Huawei.

Huawei sudah lebih memperkenalkan prosesor Kirin 980, chipset pertama yang diproduksi dengan teknologi proses 7nm. Dan rilis itu digelar pada akhir Agutus.

Dua minggu setelah itu, barulah Apple meluncurkan iPhone XS, XS Max dan XR dengan chipset terbaru A12 Bionic yang juga diklaim sebagai chipset dengan proses pembuatan 7nm pertama. Product Marketing Manager Huawei CBG Indonesia, Advent Jose, bilang, merekalah yang pertama mengembangkan chipset dengan proses fabrikasi 7nm.

"Secara teknologi, chipset kita yang pertama. Kirin 980 sudah diluncurkan pada 30 Agustus di IFA," kata Jose seperti dilansir Antara, Jumat (21/9/2018).

Kata Jose, Huawei sudah memulai riset mengenai chipset dengan fabrikasi 7nm sejak tahun 2015. Selanjutnya, pada 2016 dibentuklah tim untuk mengembangkan chipset tersebut. 2017, SoC yang dibuat dengan teknologi proses 7nm itu masuk proses validasi, yang kemudian masuk produksi massal pada 2018.

Meski demikian, Jose mengakui bahwa Apple memang brand pertama yang memperkenalkan smartphone dengan chipset 7nm.

Dalam peluncuran iPhone terbaru, Rabu (12/9), wakil presiden senior pemasaran global Apple, Philip W Schiller, mengatakan bahwa "Apple A12 Bionic adalah chip 7nm pertama di industri." Jose sendiri mengatakan bahwa Huawei dalam waktu dekat akan meluncurkan smartphone dengan chipset berteknologi 7nm, Kirin 980.

Pada akhir presentasinya, Jose menampilkan pengumuman yang berbunyi "Huawei Matte 20 Series. Smartphone pertama yang ditenagai Kirin 980." Huawei telah menjadwalkan untuk meluncurkan Mate 20 di London, pada Oktober mendatang.

Tags : apple fanboy
Rekomendasi