Happy Birthday ke-10 Android!

| 24 Sep 2018 11:34
<i>Happy Birthday</i> ke-10  Android!
Ilustrasi OS Android (Pixabay)
Jakarta, era.id - Kalian pengguna Smartphone, dan yang kamu gengam saat ini kalau enggak sistem operasi (OS) Android, ya Apple iOS. Tapi, tahukah kamu kalau Android baru berulang tahun ke-10?

Ya, sepuluh tahun yang lalu, sistem yang paling populer di dunia ini diperkenalkan sebagai ponsel Android pertamanya yakni T-Mobile G1. Sistem operasi besutan Google ini sebenarnya diperkenalkan pada tahun 2007, tapi pada tanggal 23 September-lah Android resmi lahir.

Pada awalnya Android dirancang dengan fokus ke perangkat mobile berlayar sentuh seperti smartphone dan tablet. Dalam perjalanan waktu, Google juga mengembangkannya menjadi Android TV untuk televisi, Android Auto buat mobil, dan Wear OS di arloji. 

"Selain itu varian dan modifikasi dari Android kini juga sudah diadopsi oleh konsol game, kamera digital, PC, dan perangkat elektronik lain," kutip era.id dari Phone Arena, Senin (24/9/2018).

Sepanjang perjalanannya, selama 10 tahun eksistensi Android sebagai sistem operasi, berbagai versi Andorid telah diperkenalkan. Uniknya nama versi terbaru dari robot hijau Android selalu hadir dengan mengusung nama-nama camilan.

Mulai dari Android 3.1 Honeycomb yang diperuntukan untuk tablet, Ice Cream Sandwich 4.0 untuk ponsel. Lalu Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, dan Oreo. Hingga Android Pie (versi 9.0) menjadi yang teranyar setelah diperkenalkan pada 7 Maret 2018 lalu.

Hari ini, sistem operasi Android telah mendominasi pasar smartphone. Menurut Statista, selama kuartal kedua tahun 2018, 88 % smartphone yang dibeli di seluruh dunia telah dipasang Android. Apple iOS berikutnya dengan pangsa 11,9 %.

10 tahun yang lalu hari ini, Android diresmikan dan tak terasa sudah banyak perangkat pintar yang dikembangkan dan hadir dalam kehidupan kita saat ini. 

Jadi bagaimana kalau kita meniup lilin dan mengucapkan selamat ulang tahun ke OS seluler paling populer di dunia, saat ini.