5 Tips Supaya Gampang Bangun Pagi

| 25 Sep 2018 08:51
5 Tips Supaya Gampang Bangun Pagi
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Kamu sulit bangun pagi? Jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. 

Dilansir dari boldsky, ada beberapa cara supaya kamu tidak kesiangan. Caranya, kamu perlu menjaga gaya hidup biar enggak kesulitan bangun pagi. Nah, berikut ini ada beberapa kiat sederhana yang akan membantu kamu bangun pagi tepat waktu. 

Supaya bisa jadi kebiasaan, sebaiknya kamu melakukan ini secara rutin dan disiplin. Sebab, bangun pagi itu baik untuk kesehatan kita.

1. Jaga makan malam kamu

Makan makanan yang berat sebelum tidur bisa malah membikin kamu merasa lesu saat bangun tidur. Makan berlebihan sebelum tidur ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Karenanya, jangan terlalu banyak makan di malam hari. 

Tapi, jangan juga kamu makan terlalu sedikit sebelum tidur. Soalnya, kamu bisa kebangun di tengah malam dan malah ganggu tidur kamu. Karena itu, makan lah dengan porsi yang pas supaya kamu bisa bangun lebih awal dengan perut yang santai. 

2. Jauhkan gawai kamu dari tempat tidur

Kita sering memiliki kebiasaan menonton sesuatu atau membaca sesuatu secara online, atau bahkan mendengarkan musik sebelum tidur. Sesungguhnya, ini tidak baik buat kamu. Karena apa? Karena itu membuat kamu terjaga lebih lama meski sudah punya niat untuk tidur.

Supaya kamu punya takaran waktu tidur yang tepat, baiknya kamu jauhkan gawai kamu sebelum tidur, matikan, dan berdoa dan pejamkan mata kamu di atas kasur. 

3. Jauhkan alarm kamu dari tempat tidur

Gini, sebenarnya ini adalah sebuah trik supaya kamu terbangun dengan sesungguhnya di pagi hari. Sebab, saat mematikan alarm ketika berbunyi, itu akan memakan waktu dan anda bisa terjaga dengan baik.

Lain halnya kalau alarm kamu ada di dekat kamu. Kamu bisa dengan mudah mematikannya, dan tidur lagi. Rencana kamu bangun pagi pun jadi buyar.

4. Minum segelas air sebelum tidur

Minum segelas air sebelum tidur sangat dianjurkan untuk membantu berfungsinya kandung kemih kamu dengan baik. Dengan begitu, ini bisa membantu kamu terjaga di pagi hari untuk buang air kecil.

Tapi, jangan juga kamu minum air berlebihan sebelum tidur. Sebab, ini malah bisa bikin anda merasa terlalu kenyang dan malah ganggu waktu tidur kamu. 

5. Setelah bangun, mandi dengan air dingin

Setelah kamu bangun pagi, tidak baik juga kalau kamu tetap berada di ranjang. Kamu harus segera melakukan aktivitas lain. Misalnya dengan menyikat gigi atau mencuci muka. Dengan begitu, anda bisa menghilangkan kantuk. Atau, kamu bisa mandi air dingin supaya kantuk kamu benar-benar hilang.